Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gencarkan Edukasi Sepeda Motor Listrik, Alva Buat Experience Center

JAKARTA, KOMPAS.com - Edukasi dan sosialisasi merupakan salah satu aspek penting untuk mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik di Indonesia, khususnya sepeda motor. Mengingat, peredaran jenis moda tersebut lebih banyak dari yang lain.

Melihat hal terkait, PT Ilectra Motor Group (IMG) sebagai bagian dari PT Indika Energy Tbk dan agen pemegang merek motor listrik Alva, menghadirkan Alva Experience Center di kawasan SCBD lot 6, Jakarta Selatan.

"Fasilitas ini didirikan dengan tujuan untuk memberikan layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan lifestyle konsumen masyarakat urban," ucap Rainier Haryanto, Managing Director PT IMG dalam seremoninya, Jakarta, Sabtu (8/10/2022).

Kehadiran Alva Experience Center juga, lanjut dia, bertujuan untuk mendorong edukasi adopsi kendaraan listrik di Indonesia. Bahkan, bagi pecinta kendaraan elektrifikasi, bisa melakukan beragam aktivitas di dalamnya.

Sebab perseroan menyediakan ruang komunitas, workshop ber-AC, ruang tunggu yang dibuat berbentuk co-working space, layar interaktif, serta coffee shop bernama Alva Coffee.

Khusus pengguna maupun calon konsumen dari motor Alva, juga dimungkinkan untuk melakukan servis, test ride, charging atau pengisian daya listrik, sampai pembelian langsung.

"Namun bisnis bukan hal yang utama di sini, tetapi bagaimana caranya untuk menjangkau seluruh pengguna dan pecinta kendaraan listrik di Indonesia, tidak terbatas mereknya," ujar Rainer.

Dari sisi unit sepeda motornya, Alva One sebagai motor listrik perdana di bawah naungan PT IMG, memiliki desain yang modis dan futuristik, serta menawarkan kenyamanan berkendara, torsi besar, daya baterai hingga 70 km.

Motor ini didesain menggunakan hub drive motor, yang artinya motor listrik langsung menggerakan roda tanpa menggunakan pentransfer daya.

Motor ini diklaim mampu menghasilkan daya 5,7 daya kuda serta torsi 46 Nm. Alva One dibekali baterai lithium 60 volt 45 Ah dengan bobot 18 kg yang dilindungi layar IP65 yang aman dari debu dan semprotan air.

Pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 4 jam dengan instalasi daya listrik minimum 1.300 kWh.

Motor ini dibekali rem cakram depan dan belakang lengkap dengan Combine Brake System (CBS). Hal itu membuat pengendara lebih aman karena pengereman lebih stabil hanya menggunakan tuas rem belakang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/08/134200115/gencarkan-edukasi-sepeda-motor-listrik-alva-buat-experience-center

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke