Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] DAMRI Siapkan Trayek ke Pantai Sawarna, Tarif Rp 50.000 | Bahaya Memindahkan Tuas Matik CVT ke L Saat Tidak Kuat Menanjak

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI kini sediakan angkutan khusus pariwisata dengan rute Stasiun Rangkasbitung-Pantai Sawarna di Provinsi Banten. Perjalanan akan melewati Pandeglang, Rangkasbitung, dan Bayah.

Angkutan dari DAMRI ini turut mendukung Kewasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Indonesia. Tujuannya adalah agar bisa membantu masyarakat mengaktifkan potensi ekonomi serta pariwisata di kawasan tersebut.

Sementara itu, bicara soal mobil matik, posisi L pada tuas matik CVT tentu digunakan saat mobil membutuhkan torsi besar, dengan demikian mobil bisa melibas jalanan menanjak.

Namun faktanya, meski mobil matik CVT sudah dilengkapi posisi L tidak sedikit yang gagal melibas tanjakan. Bahkan banyak kejadian, setelah mobil tersebut digunakan untuk menanjak ekstrem berakhir dengan rusaknya komponen CVT.

Selengkapnya, berikut ni 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 28 September 2022.

1. DAMRI Siapkan Trayek ke Pantai Sawarna, Tarif Rp 50.000

Akhmad Zulfikri, Corporate Secretary DAMRI mengatakan, hadirnya layanan tersebut untuk meningkatkan aksesibilitas dan mendorong kebangkitan ekonomi bagi masyarakat kawasan Serang, Banten. Selain itu, layanan ini juga mendukung KSPN di Indonesia.

Untuk jadwalnya, angkutan dari Stasiun Rangkasbitung ke Pantai Sawarna tersedia setiap hari. Berangkat dari Stasiun Rangkasbitung pukul 07.30 WIB dan 12.00 WIB. Sedangkan dari Pantai Sawarna, tersedia pukul 12.00 WIB dan 05.30 WIB.

2. Bahaya Memindahkan Tuas Matik CVT ke L Saat Tidak Kuat Menanjak

Rupanya, hal tersebut dipengaruhi oleh ketidakpahaman pengendara dalam mengoperasikan mobil matik CVT.

Pemilik Aha Motor Spesialis Nissan & Datsun Hardi Wibowo, mengatakan banyak mobil matik CVT setelah digunakan melewati jalanan seperti perbukitan komponen CVT-nya rontok, hal itu tidak lepas dari minimnya pemahaman pengendara dalam mengoperasikan mobil CVT.

3. Datang ke Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2022 Gratis

Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 resmi digelar hari ini, Rabu (28/9/2022) sampai Jumat (30/9/2022) di Jakarta Convention Center (JCC).

Pameran ini akan diramaikan dengan berbagai merek kendaraan listrik. Selain itu, juga akan ada pakar yang akan berbagi pengetahuan melalui seminar, talkshow, dan test drive kendaraan listrik.

4. Kenali Tanda-tanda CVT Bermasalah pada Mobil Matik

Mobil-mobil matik modern banyak yang dibekali Continuously Variable Transmission (CVT) karena pertimbangan kenyamanan serta efisiensi bahan bakar.

CVT identik dengan perpindahan percepatan yang halus sehingga pengendara tidak akan merasakan hentakan saat kecepatan laju kendaraan meningkat. Transmisi ini juga dikabarkan lebih irit bahan bakar karena putaran rendah dari mesin dapat dikonversikan menjadi output yang lebih tinggi dengan efektif.

5. Cara Mengemudi Mobil Matik CVT di Tanjakan

Mobil matik CVT memiliki karakter yang berbeda dengan mobil-mobil matik konvensional. Hal itu dikarenakan transmisi CVT memiliki komponen yang berbeda pula.

Mobil CVT memiliki perpindahan percepatan yang sangat lembut, sementara matik biasa agak terasa hentakan saat percepatan berpindah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/29/060200615/-populer-otomotif-damri-siapkan-trayek-ke-pantai-sawarna-tarif-rp-50.000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke