Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Honda Siapkan Mesin Unik buat Motor Baru Hornet dan Transalp

JAKARTA, KOMPAS.com – Honda siap merilis sebuah mesin baru parallel twin 755 cc buat calon moge terbaru yang meluncur 2023. Sepeti diketahui, Honda bakal melahirkan kembali motor street fighter Hornet dan sebuah motor adventure Transalp.

Kedua motor baru ini akan menggunakan mesin 2 silinder sejajar berkarakter unik, berbeda dengan basis mesin 750 cc yang hadir pada 2012 dan menjadi dapur pacu NC750X dan Forza 750.

Jadi, mesin 755 cc 4 klep dengan langkah pendek dan punya poros engkol 270 derajat ini, menciptakan perintah pembakaran yang tidak merata dan penyaluran tenaga mirip dengan mesin V-twin.

Honda mengatakan mesin ini dikembangkan untuk memberikan tenaga yang mengisi sejak putaran bawah ke tengah, namun tetap bertenaga pada putaran atas.

Singkatnya, mesin ini seperti menggabungkan karakter mesin SOHC dan DOHC pada saat yang bersamaan.

Menurut Test Project Leader Fuyuki Hosokawa, yang juga bertanggung jawab atas superbike Honda CBR1000RR-R, kehadiran mesin baru ini untuk memberikan performa dan handling yang ringan.

“Kami harus mengembangkan mesin silinder kembar langkah pendek yang serba baru, dengan poros engkol 270 derajat. Ini tidak hanya akan menghasilkan kecepatan tinggi, tetapi juga torsi rendah yang sporty,” ujar Hosokawa, disitat dari Paultan (15/9/2022).

“Ideal untuk dikendarai di lingkungan perkotaan dan keluar dari tikungan di jalan terbuka,” kata dia.

Apabila tak ada aral melintang, motor baru Hornet dan Transalp yang mengusung mesin 755 cc parallel twin ini akan melantai pada pameran EICMA November 2022. Adapun untuk penjualannya diperkirakan paling cepat pada 2023.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/15/080200215/honda-siapkan-mesin-unik-buat-motor-baru-hornet-dan-transalp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke