Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] 4 Bus Baru PO Lorena dan Karina Keluar dari Karoseri Laksana | Luhut Ingin Percepat Peralihan Penjualan Kendaraan Bermotor ke Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - PO Lorena dan Karina akhirnya mengeluarkan bus baru miliknya dari Karoseri Laksana. Ada empat bus yang keluar dari karoseri yang terletak di Ungaran, Jumat (9/9/2022).

Sebenarnya, unit milik PO Lorena dan Karina sudah lama masuk ke Karoseri Laksana, tepatnya di akhir 2020. Namun dengan segala kondisi yang terjadi selama dua tahun ini, akhirnya empat bus keluar.

Masing-masing operator mendapatkan dua bus baru. PO Lorena memakai bodi Legacy SR2 HD Prime, sedangkan unit barunya PO Karina memakai bodi Suites Class.

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta agar penjualan kendaraan bermotor dengan bahan bakar minyak (BBM) bisa segera dikurangi untuk beralih ke listrik.

Pasalnya, selama satu dekade terakhir pertumbuhan ekonomi Indonesia terlihat mengalami kenaikan yang cukup pesat. Sehingga, berpengaruh pada kenaikan jumlah penggunaan kendaraan bermotor.

Namun pergerakkan positif tersebut berbanding terbaik kepada konsumsi BBM yang stoknya terus berkurang tiap tahun. Apalagi jenis BBM yang disubsidi oleh pemerintah banyak yang salah sasaran, membuat beban subsidi membengkak.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu, 11 September 2022 : 

1. 4 Bus Baru PO Lorena dan Karina Keluar dari Karoseri Laksana

Export Manager Karoseri Laksana Werry Yulianto menjelaskan, keempat bus milik PO Lorena dan Karina ini memiliki kabin yang berbeda.

"Suites Class-nya memakai model 21 seats dan 22 seats. Sedangkan HD Prime Lorena tanpa jok," ucap Werry kepada Kompas.com, Sabtu (10/9/2022).

Mengenai perbedaan jumlah kapasitas bangku di unit Suites Class, Werry tidak menjelaskan lebih jauh. Memang, Karoseri Laksana sempat memperbarui desain kabin Suites Class, dari yang awalnya cuma 21 bangku, jadi 22 di 2021.

2. Luhut Ingin Percepat Peralihan Penjualan Kendaraan Bermotor ke Listrik

"Saya menemukan data yang dihitung oleh Industri Kendaraan Bermotor bahwa secara rata-rata konsumsi BBM untuk satu unit mobil mencapai 1.500 liter per-tahun dan 305 liter per-tahun untuk motor," kata Luhut dalam keterangannya, Minggu (11/9/2022).

"Bisa kita semua bayangkan ketika dua jenis kendaraan tersebut kebanyakan menggunakan BBM bersubsidi, maka sudah pasti yang terjadi ialah beban atas subsidi BBM yang membengkak," lanjut dia.

Karenanya, pemerintah menyiapkan sejumlah strategi demi meredam kenaikan anggaran subsidi BBM. Salah satunya lewat percepatan adopsi penggunaan Electricfied Vehicle (EV) atau kendaraan listrik di Indonesia.

3. DAMRI Kini Layani Bus Trayek Jawa-Bali, Tarif Mulai Rp 90.000

DAMRI kini menyediakan angkutan penumpang dengan rute Jember-Denpasar dan Denpasar-Probolinggo. Hal ini dilakukan untuk memudahkan akses perjalanan jalur darat Jawa-Bali.

Sebelumnya, orang yang bepergian dari daerah Jember dan Probolinggo atau Jawa Timur mengandalkan pesawat terbang untuk pergi ke Denpasar.

Namun kini DAMRI menyediakan alternatif lewat jalur darat. Akhmad Zulfikri Corporate Secretary DAMRI mengatakan, layanan DAMRI dapat menjadi salah satu alternatif bagi pelanggan Jawa Timur dalam melakukan perjalanan ke Bali.

4. Toyota Hilux Bergaya Tundra, Wajah Makin Galak

Toyota Hilux generasi terbaru memang sudah ada di Indonesia. Memang, generasi baru ini masih berupa facelift yang mengambil basis sama dari Hilux keluaran 2015.

Walaupun begitu, desain dari Hilux terbaru memang bergaya Amerika. Bisa dilihat dari grille depan yang besar, bahkan mirip dengan Toyota Tundra yang dijual di Amerika.

Bagi yang masih kurang puas dengan desain Hilux yang ada di Indonesia dan ingin terlihat lebih kekar, bisa memilih body kit buatan GMG Double Eight dari Jepang.

5. Amankah Mobil Listrik buat Terobos Banjir?

Hujan ringan hingga sedang yang turun di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (9/9/2022) hingga Sabtu (10/9/2022), menyebabkan banjir di beberapa ruas jalan.

Pengendara diminta untuk lebih berhati-hati, karena mobil atau motor bisa saja mogok sewaktu melewati genangan air.

Namun hal ini menjadi pengecualian buat kendaraan listrik, yang tidak mengusung mesin pembakaran internal seperti halnya kendaraan konvensional.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/12/060200415/-populer-otomotif-4-bus-baru-po-lorena-dan-karina-keluar-dari-karoseri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke