Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Aki Tidak Boleh Ditambah dengan Air Keran?

JAKARTA, KOMPAS.com - Air aki merupakan elemen yang wajib diperiksa setiap ingin berkendara. Hal itu dikarenakan volume air aki bisa berkurang seiring pemakaian.

Sehingga, stok air aki wajib disediakan di rumah untuk berjaga-jaga. Jika tidak, maka pengendara bisa dibikin susah karena harus mencari air aki di toko terdekat.

Nah, susahnya bila saat itu kondisi air aki sudah sedikit, tapi tidak ada air aki di toko terdekat. Lantas, seandainya air aki terpaksa ditambah dengan air sumur atau air keran, apa yang akan terjadi?

Mekanik Shop & Drive Pondok Bambu Alfiyan Iqbal, mengatakan dirinya pernah bereksperimen membandingkan dua aki, satu aki ditambah air aki biru sementara satunya air keran. Hasilnya, aki yang ditambah air keran lebih cepat rusak.

“Pernah uji coba dua aki, satu aki ditambah air keran, itu lebih cepat rusak daripada aki yang ditambah dengan air murni, secara air keran belum melalui proses demineralisasi, sehingga kandungan mineral dapat merusak sel di dalam aki,” ucap Alfiyan kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Dia mengatakan jika memang darurat sebaiknya ditambah dengan air AC, itu lebih aman karena dari proses penyulingan alami. Tapi, kalau memang sudah terlanjur ditambah air keran tidak perlu risau, tidak perlu juga dikuras.

“Itu tidak akan meledak, jadi kalau sudah terlanjur ditambah air keran biar saja, asal penambahan selanjutnya harus pakai air murni atau air aki dengan kemasan biru,” ucap Alfiyan.

Jadi, dampak menambah isi air aki dengan air keran bisa memperpendek usia aki karena air keran masih mengandung berbagai mineral yang dapat merusak sel di dalam aki.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/06/124200515/kenapa-aki-tidak-boleh-ditambah-dengan-air-keran-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.