Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahun Depan Pelajar dan Mahasiswa di Bali Harus Pakai Kendaraan Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bali, I Wayan Koster berencana untuk mengintensifkan penggunaan kendaraan bermotor listrik di berbagai kawasan Bali sebagai upaya mencapai energi dan udara bersih di Indonesia.

Hal tersebut sebagai langkah lanjut dari perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang bakal dilaksanakan di Nusa Dua, Bali pada November 2022.

Pada rangkaian gelarannya, akan disosialisasikan pula mengenai penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagai transportasi yang ramah lingkungan. Sejumlah fasilitas pendukung pun tengah dibangun agar optimal.

"Jadi apa yang dilakukan dalam rangkaian kegiatan G20 terkait dengan transisi energi bersih selaras dengan yang dilakukan oleh Provinsi Bali, karena itu saya sangat mendukung kebijakan ini," kata dia dalam keterangannya, Kamis (1/9/2022).

"Tahun 2023 rencananya kami akan intensifkan dengan memberlakukan kebijakan zonasi maupun juga penggunaan untuk anak-anak muda, anak-anak SMA dan mahasiswa untuk menggunakan kendaraan listrik," ujar Koster.

Ia mengatakan, alasan menggunakan kendaraan listrik karena jauh lebih murah dan kedua tidak banyak memerlukan perawatan, tidak pakai oli, tidak keluar asap dari knalpot sehingga jadi lebih bersih.

Kebijakan penggunaan energi bersih ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Bali dengan akan menjadikan Pulau Nusa Penida sebagai implementasi awal program ini diikuti kemudian dengan daerah-daerah wisata lainnya seperti Ubud dan Sanur.

Koster juga mengatakan, sosialisasi kepada masyarakat untuk mengalihkan kendaraan BBM ke kendaraan listrik akan dapat dilakukan dengan mudah salah satunya karena alasan lebih hemat.

"Pengalihan penggunaan motor BBM ke listrik oleh masyarakat Bali bukanlah hal yang sulit seperti pengalihan dari penggunaan kayu ke minyak dan minyak ke gas, semua berlangsung dengan baik, karena ini pengalihan ini membuat pengeluaran lebih murah, saya optimis akan berjalan dengan baik," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/01/181200815/tahun-depan-pelajar-dan-mahasiswa-di-bali-harus-pakai-kendaraan-listrik

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.