Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kolaborasi Toyota dan Suzuki Siapkan Platform Baru Mobil Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota sudah berkolaborasi dengan Suzuki dan menghasilkan berbagai model dengan konsep saling rebadge. Sebut saja, Toyota Urban Cruiser dan Suzuki Brezza, kemudian ada Hyryder dan Grand Vitara.

Kolaborasi kedua merek Jepang ini ternyata tidak berhenti sampai di situ.

Dikutip dari Nikkei Asia, Rabu (31/8/2022), Toyota dan Suzuki akan melanjutkan kerjasamanya untuk membuat platform baru mobil listrik.

Kolaborasi dua atau lebih pabrikan otomotif belakangan ini mulai menjadi tren di industri. Dengan berbagi teknologi, terbukti menjadi alat yang efektif untuk pabrikan mengembangkan teknologi baru, khususnya kendaraan elektrik dan hybrid.

Suzuki dikabarkan sedang mengerjakan mobil listrik sepenuhnya. Basisnya sendiri menggunakan platform mobil listrik baru yang dikembangkan dengan Toyota.

Sedangkan untuk modelnya, kendaraan kompak dan SUV sudah masuk pertimbangan dengan Suzuki menargetkan pada 2025 untuk meluncurkan kendaraan listrik berbasis baterai.

Maruti Suzuki yang menjadi pabrikan terbaik untuk kendaraan penumpang di India, hingga kini, belum meluncurkan mobil listrik.

Tapi, dengan berkolaborasi bersama Toyota dan investasi besar yang sudah dilakukan, Suzuki digadang-gadang akan menjadi pemain besar di pasar kendaraan listrik.

Selain India, Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan penjualan Suzuki terbanyak juga belum memperkenalkan mobil listrik sepenuhnya. Kendaraan elektrifikasi yang sudah diperkenalkan dan dipasarkan di Indonesia baru All New Ertiga Hybrid.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/31/100200815/kolaborasi-toyota-dan-suzuki-siapkan-platform-baru-mobil-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke