Salin Artikel

Komparasi Motor Listrik Alva One dan Yamaha E01

Alva One mencuri start dari merek Jepang semisal Honda PCX Electric dan Yamaha E01. Untuk merek yang terakhir bahkan baru dipajang dan akan dites di sejumlah negara termasuk Indonesia tak lama lagi.

Meski E01 belum meluncur tapi spesifikasi dasarnya sudah sedikit terungkap. Karena itu tak haram rasanya untuk membandingkan antara Alva One dan Yamaha E01 di atas kertas.

Desain

Desain Alva One sporty dengan lampu depan besar yang cukup segar karena bisa dibilang baru di kelasnya. Dek tengahnya berundak ciri khas skuter besar. Desain tersebut terus menjalar hingga ke buritan.

Adapun desain Yamaha E01 terlihat lebih futuristik tapi juga retro di saat bersamaan. Bentuk lampu depan sedikit mengingatkan YZM-R1 tapi tarikan garis lain tidak seperti motor Yamaha yang lain.

Bahkan jika dilihat secara keseluruhan desain E01 sebetulnya tidak terlalu tajam beda dengan Alva One.

Fitur

Alva One dibekali lampu depan dan belakang LED, rem depan dan belakang cakram, panel instrumen digital, air intake di sisi samping. Motor juga dibekali aplikasi yang menghubungkan ponsel dengan berbagai fitur canggih.

Fitur pada aplikasi Alva One diantaranya Remote On/Off, Bike Sharing Access, Charging Station Locator, GPS Locator & Tracker serta Alva Roadside Assistance.

Sedangkan fitur Yamaha E01 belum dijelaskan secara rinci. Namun yang diketahui motor ini juga punya tiga mode berkendara yang bisa dipilih pengendara, antara lain mode Power, Standar, dan Eco.

Penggerak

Penggerak Alva One menggunakan hub drive motor. Posisi dinamo terletak di roda belakang. Fakta di atas kertas, motor listrik ini memiliki daya maksimum sekitar 4,8 kW atau setara 5,7 PS (5,5 Tk), serta torsi maksimum 46 Nm.

Baterai lithium dengan kapasitas baterai 60 V 45 A (2,7 kWh). Baterai tersebut memiliki bobot 18 kg dan punya fitur proteksi berupa layar IP65 diklaim aman debu dan semprotan air.

Mengenai daya cas, motor ini punya spesifikasi 70.5 V 15 A (1,1 kW). Sementara lama pengisian berada di sekitar 4 jam, dengan minimum daya listrik di rumah 1.300 kWh.

Adapun Yamaha E01 memakai baterai berkapasitas 4,9 kWh. Motor listrik alias dinamo sanggup melepas tenaga sebesar 8,1 kW pada 5.000 rpm dan torsi sebesar 30,2 Nm dengan kecepatan maksimal 100 kpj.

Torsi E01 bahkan lebih besar dari Yamaha XMax yang menghasilkan torsi 24,3 Nm. Namun soal tenaga, skutik 250 cc lebih unggul dengan 16,8 kW.

Harga

Alva One disebut hasil kolaborasi dengan Massimo Tartarini ditawarkan dengan lima pilihan warna yakni Supernova Black, Halo White, Casual Blue, Indie Red dan Edgy Turqoise. Harga Rp 34.990.000 on the road (OTR) Jakarta.

Adapun Yamaha E01 masih berupa konsep dan belum dijual untuk umum.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/30/172100415/komparasi-motor-listrik-alva-one-dan-yamaha-e01

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.