Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peran Penting Tutup Pentil Ban yang Sering Dianggap Sepele

SEMARANG, KOMPAS.com - Memeriksa tekanan udara ban menjadi salah satu bentuk perawatan wajib yang harus dilakukan.

Karena dalam jangka waktu tertentu, udara di dalam ban bisa berkurang. Namun selain itu, penting juga memperhatikan tutup jalan masuknya udara, yakni tutup pentil ban. 

Tak sedikit sampai saat ini pemilik mobil yang menggangap tutup pentil ban hanya sebagai aksesoris saja. Padahal meyepelekan fungsinya bisa merepotkan.

Perawatannya pun tidaklah sulit, yang terpenting menjaganya selalu tertutup rapat. Tapi pada kenyataannya banyak yang menganggap sepele fungsi tutup pentil ban. 

Bahkan, sering dijumpai sebagian pemilik yang membiarkan ban mobilnya tidak menggunakan tutup pentil. 

Perlu diketahui fungsi dari tutup pentil tak hanya pelengkap atau aksesoris, tapi untuk mengencangkan isi pentil atau core. 

Aan Nugroho Product Development Manager Otobox Supermarket Ban Indonesia mengatakan, core bertugas menahan udara keluar agar ban tidak kempis. Ada penutup berbahan karet, sehingga tekanan udara ban tidak berubah. 

"Tutup pentil ban itu berguna membuka atau mengencangkan tutup pentil. Sebenarnya untuk mengencangkan, tapi sekaligus juga menahan tekanan udara dari dalam ban," ucap Aan kepada Kompas.om, Sabtu (27/8/2022). 

Jika ditemukan kasus core yang kendur, maka udara di dalam ban bisa keluar secara perlahan atau biasa disebut bocor halus.

Karena itu, sebagian pabrikan membuatkan tutup pentil yang memiliki fungsi untuk mengencangkan core.

Bedanya, pabrikan ban sekarang ini sudah tidak lagi menggunakan tutup model coakan. Ban baru yang beredar kebanyakan menggunakan tutup pentil model tumpul, sehingga tidak perlu mengencangkan core. 

Dengan penggunaan tutup pentil dapat terhindar dari kemungkinan bocor halus yang disebabkan core mengendur. Sehingga tekanan udara tetap sesuai standar. 

Pemilik Bengkel Sarang Knalpot dan Ban Ilham Hermawan mengatakan, tutup pentil ban punya fungsi mencegah air masuk ke dalam ban. Air yang mengendap dikhawatirkan nantinya akan memicu terjadinya korosi. 

Bagian yang paling sering berkarat salah satunya adalah katup. Padahal, jika sudah terlanjur berkarat, ban jadi mudah bocor. 

"Perlu berhati-hati bila kendaraan melewati genangan air atau baru saja di cuci. Paling penting cek kerenggangan tutup penting, agar air tidak bisa masuk," ujar Ilham. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/28/122200015/peran-penting-tutup-pentil-ban-yang-sering-dianggap-sepele

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke