Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Langsung Diganti, Mika Lampu yang Retak Rambut Bisa Diperbaiki

KLATEN, KOMPAS.com - Seiring berjalannya usia, kondisi mobil biasanya akan mengalami penurunan kualitas bahan material, termasuk bodi dan lampu-lampu.

Pada lampu kombinasi, biasanya bagian mika terdapat retakan halus seperti rambut. Hal ini terjadi bukan karena kendaraan mengalami benturan, melainkan perubahan cuaca yang ekstrem.

Untuk mobil-mobil yang sering parkir di tanpa atau atau terkena sinar matahari langsung, biasanya mika lampu lebih mudah mengalami retak rambut. Jika tidak segera diperbaiki, maka retakan tersebut dapat membuat mika lampu pecah.

Pemilik Bengkel Poles Headlamp Supriyadi, mengatakan untuk lampu kombinasi yang retak rambut masih bisa diperbaiki, berhubung beberapa lampu kombinasi harganya mahal.

“Jika retakannya halus, mikanya masih lengkap masih bisa diperbaiki, tidak perlu diganti, karena harga mika lampu biasanya lumayan mahal untuk mobil-mobil tertentu,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, Sabtu (13/8/2022).

Dia mengatakan semua jenis mika lampu bisa diperbaiki, dan bisa bertahan lumayan lama. Hal itu membuat kebanyakan orang memilih untuk memperbaikinya daripada mengganti baru.

“Untuk memperbaiki retak rambut biayanya lebih mahal, bisa sampai Rp 400.000-an, makanya kalau untuk mobil yang headlamp-nya murah seperti Avanza sebaiknya diganti saja, itu jauh lebih efektif,” ucap Supriyadi.

Dia mengatakan harga tersebut sudah termasuk biaya bongkar pasang serta pemberian garansi.

“Garansinya antara 3 sampai 6 bulan, tergantung kondisi lampu sebelum diperbaiki, biasanya disampaikan di awal,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/14/113100815/jangan-langsung-diganti-mika-lampu-yang-retak-rambut-bisa-diperbaiki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke