Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Kerap Terjadi Mengantuk Memaksa Tetap Mengemudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berkendara, penting bagi pengemudi untuk memperhatikan kesiapan fisik agar tidak mengganggu perjalanan.

Saat berada dalam keadaan mengantuk, masih banyak pengemudi yang memaksakan diri untuk tetap berkendara dan menyiasatinya dengan hal-hal lain, seperti mendengarkan musik, minum kopi, atau mengobrol dengan penumpang mobil.

Padajal saat keadaan sedang lelah, yamg dibutuhkan pengemudi adalah istirahat atau tidur sejenak. Memaksakan diri hanya memperbesar potensi terjadinya kecelakaan.

Seperti yang terekam dalam unggahan di akun Instagram @dashcamindonesia, Selasa (12/7/2022). Diduga mengantuk, seorang pengemudi mobil melaju dengan kecepatan tinggi dan menabrak satu unit mobil yang sedang parkir di pinggir jalan.

Akibatnya, mobil tersebut hilang kendali hingga terbalik di tengah jalan. Belum diketahui kondisi terkini mobil dan pengemudi serta penumpang yang ada di kabin mobil. 

Berdasarkan keterangan unggahan, kecelakaan tersebut terjadi di kawasan Graha Raya, Paku Jaya, Serpong Utara, Tangerang Selatan.

Dalam menghadapi kantuk, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa obat yang terbaik adalah tidur.

"Banyak yang bertindak menyiasati dengan ngerokok, ngobrol, ngopi, bernyanyi dan lain-lain, padahal otak sudah melemah. Cara benar menyiasati kantuk adalah harus berhenti dan tidur," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu yang lalu.

Sony mengingatkan bahwa pada saat mengantuk, mata pengemudi sudah tidak bisa membaca situasi lalu lintas dengan baik dan tidak bisa merespon situasi lingkungan dengan baik.

"Perilakunya loss, ketika mengemudi ya hanya lurus tanpa kontrol, dan berhenti ketika sudah menabrak obyek di depan atau samping kiri kanannya," ucap Sony.

Baik berkendara jarak jauh maupun dekat, pengemudi harus memperhatikan kesiapan diri khususnya secara fisik sehingga bisa mengemudi dengan baik. Saat kelelahan atau mengantuk, sebaiknya segera menepi dan istirahat sejenak.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/13/092200615/masih-kerap-terjadi-mengantuk-memaksa-tetap-mengemudi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke