Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Moeldoko Ajak Vietnam Kembangkan Kendaraan Listrik di RI

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengajak berbagai negara untuk berkolaborasi mengembangkan kendaraan listrik di Indonesia, termasuk Vietnam sebagai salah satu negara di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini bertujuan untuk menekan konsumsi gas emisi buang yang diciptakan dari kendaraan berbahan bakar fosil hingga mencapai net zero emission sebagai salah satu tujuan baru industri global.

Demikian dikatakan Moeldoko dalam pertemuannya dengan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Ta Van Thong secara daring di Gedung Bina Graha, Jakarta, Selasa (12/7/2022).

"Hubungan antara Indonesia dan Vietnam sangat baik dan kuat, dibuktikan dengan perdagangan bilateral kedua negara yang sudah lebih dari 10 miliar dolar AS. Saya berharap kerja sama strategis ini terus diperkuat," katanya dalam keterangan resmi.

Pengembangan ekosistem kendaraan listrik bersama Vietnam ini, lanjut dia, seiring kemampuannya yang cukup pesat dalam industri mobil listrik melalui VinFast.

Bahkan, rencananya VinFast akan membangun pabrik di North Carolina, AS untuk membuat bus listrik, kendaraan sport, dan baterai kendaraan listrik.

"Untuk itu, saya mengundang Vietnam untuk berkolaborasi dengan Indonesia dan menciptakan kendaraan listrik terbaru di dalam negeri dan di kawasan Asia Tenggara," ujar Moeldoko.

Sementara itu, Indonesia telah menyatakan kesiapan untuk memasuki era kendaraan listrik yang tertulis dalam Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.

Sementara itu, Ta Van Thong juga menyambut baik ajakan Indonesia ini. Tetapi ia belum menyatakan lebih jauh mengenai bagaimana kolaborasi yang akan terbentuk nanti.

"Kami memang memiliki produsen kendaraan listrik yang akan dikembangkan di Amerika Serikat. Saya akan berupaya menjembatani produsen asal Indonesia untuk bekerja sama dengan Vietnam dalam mengembangkan kendaraan listrik," kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/13/074200715/moeldoko-ajak-vietnam-kembangkan-kendaraan-listrik-di-ri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke