Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Knalpot Motor Kerap Keluarkan Air Saat Mesin Dipanaskan

SEMARANG, KOMPAS.com - Hampir serupa dengan mobil, pemilik sepeda motor biasanya juga menemui kasus adanya air yang keluar dari knalpot ketika mamanaskan mesin di pagi hari.

Tapi hal tersebut bukan berarti menandakan adanya masalah atau kerusakan pada mesin, justru sebaliknya. Salah satu indikasi pembakaran mesin yang sempurna bisa dilihat dari kondisi sistem pembuangan knalpot.

Kepala Bengkel Yamaha Mataram Sakti Motor Setyabudi Semarang Hari Santoso menjelaskan, kondisi tersebut karena adanya reaksi kimia dari pembakaran mesin yang bekerja maksimal karena tidak ditemukan kebocoran kompresi. 

"Sesuai pemahaman ilmu kimia model oksidasi dan penguapan.  Jika dipahami spesifik kompresi BBM di ruang bakar yang baik menghasilkan uap air sisa pembakaran," ujar Hari kepada Kompas.com, Kamis (7/7/2022). 

Menurut Hari, uap air pada knalpot akan keluar dari lubang kecil. Tetesan air menandakan tekanan kompresi mesin bisa mendorong sebelum tersirkulasi ke ruang bakar. 

"Mekanismenya, air bekas cuci motor tak sadar masuk ke lubang knalpot. Tetapi jika sepeda motor dihidupkan pertama kali tekanan ruang bakar akan mendorong sisa air keluar melalui pembuangan knalpot," kata dia.

Hari menambahkan, dilihat dari warna asap knalpot kerusakan komponen mesin juga bisa dibaca. Indikasinya bila kebiruan kebocoran gasket cylinder head telah menyebabkan oli mesin terbakar. 

"Jika dibiarkan cairan radiator dan oli bisa tercampur sistem pelumasan tidak bisa lagi bekerja maksimal. Risikonya gesekan antar komponen utama mesin bertambah besar," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/08/113100115/alasan-knalpot-motor-kerap-keluarkan-air-saat-mesin-dipanaskan-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.