Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pemula yang Ingin Bermain Vespa Klasik Dua Tak

JAKARTA, KOMPAS.com - Popularitas Vespa klasik bermotor bakar dua tak di dalam negeri kembali meningkat usai penyelenggaraan Vespa World Days (VWD) yang dihelat pada 9-12 Juni 2022 kemarin di Bali, Indonesia.

Bahkan beberapa model tertentu kini mengalami kenaikan harga. Tak ayal mengundang sebagian pecinta otomotif untuk mencobanya dan dijadikan kendaraan harian atau sekadar hobi.

Namun meminang kendaraan roda dua ikonik tersebut bukanlah suatu hal yang mudah, khususnya bagi para pemula yang keterbatasan dana. Bila tidak teliti, bisa merugi di kemudian hari karena beragam hal.

Oleh karena itu, salah satu pecinta Vespa dari komunitas Budavest, Andi, menyarankan untuk memulainya dari Vespa Super atau Sprint. Sebab di wilayah Jabodetabek, harganya masih terjangkau yaitu Rp 17-20 juta.

"Kalau dibandingkan dengan VBB dan lainnya yang serupa, sudah di atas Rp 500 jutaan. Jadi kalau mau main yang klasik-an, dari Sprint saja," kata dia kepada Kompas.com belum lama ini, Minggu (19/6/2022).

"Atau tidak bisa sedikit ke atasnya yaitu Excel tahun 2004. Tetapi ini lebih rare unitnya karena memang tidak banyak (populasinya). Itu dirombak sedikit sudah rapi," lanjut Andi.

Ia pun menyarankan jangan membeli Vespa klasik copotan. Memang, dari segi harga bakal lebih murah tetapi hal tersebut akan memakan waktu dan memiliki risiko lainnya ketika digunakan sehari-hari.

Sementara untuk perawatan rutin, Vespa model Super, Sprint, dan Excel dinilai Andi masih jauh lebih terjangkau dengan ketersediaan komponen yang melimpah di pasaran.

"Sebab penggunanya juga masih banyak. Tapi saya sarankan, ketika ingin membeli Vespa klasik, bawa teman yang memang mengerti," kata dia.

Hal serupa juga dinyatakan Endar, mekanik di bengkel Sar Motor, Bogor beberapa waktu lalu. Menurut dia, bagi pemula mencari Vespa rapi dan siap jalan merupakan jalan terbaik.

“Bagi pemula, cari saja yang sudah jadi. Kalau beli yang masih bahan, bisa lebih banyak lagi pengeluaran untuk perbaikinya,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/24/191200615/tips-pemula-yang-ingin-bermain-vespa-klasik-dua-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke