Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepasang Solusi agar Honda Kembali Bangkit di MotoGP

Oscar Haro, mantan direktur olahraga tim satelit LCR Honda, mengatakan, Honda atau dalam hal ini Honda Racing Corporation (HRC) mesti segera berbenah agar tidak makin tertinggal rival-rivalnya.

Haro mengatakan, cara paling mudah untuk mengubah keadaan terpuruk ini ialah mengganti jajaran pabalap. Haro bahkan mengusulkan untuk menganti semua pebalap kecuali Marc Marquez.

“Saya pikir kita semua tahu apa yang salah. Saya membayangkan akan ada pergantian tiga pebalap kecuali Marc Marquez,” ujar Haro, seprti dilansir Tuttomotoriweb.it, Jumat (24/6/2022).

Selain itu, kata Haro, masalah Honda dalam tiga musim terakhir ini bukan cuma soal motor dan pebalap di lintasan, melainkan juga masalah keputusan manajerial di level atas.

Menurut Haro, departemen balap Honda harus sepenuhnya dipindahkan ke Eropa untuk mempercepat evolusi dan pengembangan komponen baru.

"HRC tidak masalah dengan pengendara, tetapi pabrikan lain telah mengambil tiga langkah. Satu-satunya yang tahu bagaimana memeras motor itu adalah Marc Marquez,” ujarnya.

Haro mengatakan, departemen balap mesti dipindah ke Eropa agar proyek yang ada cepat terealisasi. Departemen terpisah akan mengembangkan apa yang dibutuhkan tim secara lebih cepat.

"Mentalitas pabrikan Jepang tidak cukup hanya meminta swingarm yang lebih panjang, lebih pendek atau lebih kaku, semuanya membutuhkan proses studi, proyek, insinyur, tes pebalap," ungkap dia.

"Saya pikir mereka harus berubah, jika mereka ingin menjadi yang terdepan mereka harus berubah, seperti di Formula 1, di mana hampir semuanya dilakukan di Eropa,” kata Haro.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/24/104200815/sepasang-solusi-agar-honda-kembali-bangkit-di-motogp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke