Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Banyak Pengemudi Mobil Tidak Mau Selamat di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih banyak pengemudi mobil di Ibu Kota dan sekitarnya tidak mau selamat di jalan. Kesimpulan ini diperoleh dari data jumlah pelanggaran yang dilakukan oleh 21.475 kendaraan yang terjerat selama selama Operasi Patuh Jaya 2022 yang berlangsung di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Data pelanggaran itu dikeluarkan oleh Ditlantas Polda Metro Jaya selama sembilan hari pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2022, terhitung sejak Senin (13/6/2022).

"Hasil rekap penegakan hukum dalam Ops Patuh Jaya 2022 hari ke-9 jumlah penindakan 21.475," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam, Rabu (22/6/2022).

Dari data itu, sebanyak 1.909 kasus dilakukan penilangan secara online atau electronic traffic law enforcement (ETLE). Sementara 29.566 kasus sisanya diberikan teguran.

Secara terperinci, pelanggaran yang paling banyak dilakukan ialah para pengemudi yang tidak menggunakan sabuk keselamatan saat berkendara yakni sebanyak 1.634 kasus.

Padahal, sabuk keselamatan alias sabuk pengaman merupakan satu-satunya piranti yang bisa menyelamatkan pengemudi atau penumpang saat di dalam mobil, saat terjadi tabrakan. Bahkan, fitur airbag tidak bakal bekerja semestinya kalau sabuk pengaman tidak dikenakan.

Data ini sekaligus membuktikan kalau di kota besar sekalipun, masih dominan pengemudi yang abai pada keselamatannya di jalan.

Kemudian, diikuti oleh kendaraan yang melebihi batas kecepatan (103 kasus) dan melanggar aturan ganjil genap (93 kasus). Untuk pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, menyumbang 79 kasus.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2022 yang dilaksanakan selama dua pekan selama 13-26 Juni 2022.

Operasi tersebut dilakukan seiring dengan digelarnya Ops Patuh 2022 oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri secara serempak di semua wilayah sejak Senin kemarin.

Adapun Operasi Patuh Jaya 2022 ini, bertujuan untuk mengajak masyarakat, khususnya di wilayah hukum Polda Metro Jaya agar tertib dan disiplin berlalu lintas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/23/074200415/masih-banyak-pengemudi-mobil-tidak-mau-selamat-di-jalan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke