Salin Artikel

Kasus Salah Isi BBM, Ini Pentingnya Keluar dari Mobil Saat Isi BBM

JAKARTA, KOMPAS.com - Keluar dan turun dari kendaraan saat melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) merupakan tindakan penting sebagai langkah antisipatif terjadinya kebakaran imbas listrik statis.

Selain itu, hal tersebut juga berguna untuk menekan kesalahpahaman atas pengemudi terkait dengan petugas di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sebagaimana terjadi belum lama ini.

Demikian dikatakan oleh Area Manager Communication, Relation & CSR Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan saat dihubungi Kompas.com melalui pesan tertulis, Jumat (17/6/2022).

"Konsentrasi pada saat pengisian dan tidak melakukan aktivitas lain yang menyita perhatian sampai selesai pengisian BBM ialah hal penting agar tidak terjadi kesalahpahaman," kata dia.

"Maka (keluar dan turun dari kendaraan saat melakukan pengisian BBM) juga untuk mengantisipasi hal-hal seperti ini (selain langkah antisipatif bila terjadi hal tak diinginkan lainnya)," lanjut Eko.

Imbauan terkait muncul sebagai buntut dari kejadian viral antara seorang pengendara mobil dengan salah satu petugas SPBU di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, karena diduga salah mengisi jenis BBM.

Kejadian yang berlangsung pada Kamis (16/6/2022) pukul 22.09 WIB itu menuai keributan. Sebab, pemilik mobil tidak terima dengan petugas dan meminta agar tangkinya dikuras dan membetulkan mesin mobil tersebut.

"Itu kesalahan pengisian bahan bakar, dan petugas mau menguras tangki mobilnya, tapi konsumen menginginkan dibenerin mesinnya, selain dikuras juga," tulis keterangan video itu.

Eko pun membenarkan kejadian dimaksud. Hanya saja, sumber perkara hanyalah kesalahpahaman yang muncul dari kuitansi atau struk atas pengisian BBM.

"Bukan salah mengisi BBM karena BBM yang diminta adalah Pertamax dan yang diisi juga Pertamax. Tapi, ada salah paham di struk mucul Pertamax Turbo," kata dia.

"Telah dibuktikan pada saat itu juga bahwa jenis BBM ialah Pertamax, sehingga konsumen dapat menerima bahwa BBM yang diisi telah sesuai," lanjut Eko.

Ia lantas meminta semua pengguna kendaraan selalu konsentrasi saat melakukan pengisian BBM. Apabila membutuhkan informasi mengenai layanan dan produk, bisa menghubungi call center 135.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/17/162100815/kasus-salah-isi-bbm-ini-pentingnya-keluar-dari-mobil-saat-isi-bbm

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.