Salin Artikel

Apa Pengaruhnya Matikan AC Saat Mobil Melewati Tanjakan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi jalan di Indonesia memang beragam, tidak jarang ditemui tanjakan yang cukup curam. Ada anggapan, saat mau lewati tanjakan, AC mobil sebaiknya dimatikan agar mesinnya kuat.

Namun apakah anggapan tersebut benar? Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriadi mengatakan, mematikan AC memang bisa memengaruhi performa mesin.

Hal tersebut disebabkan komponen AC yakni kompresor terhubung dengan mesin lewat belt. Jadi ketika AC dimatikan, beban mesin bisa berkurang.

“Sehingga jika kompresor AC mati, otomatis tenaga dari mesin tidak terbagi,” ucap Bambang kepada Kompas.com belum lama ini.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, turut membenarkan hal tersebut, tetapi menurutnya tidak begitu signifikan.

Selama beban tidak terlalu berat dan mesin mobil masih sanggup melewati kondisi jalan menanjak, AC mobil tidak harus dimatikan.

“Hal yang paling dibutuhkan saat melewati tanjakan sebenarnya adalah kemampuan si pengemudi dalam mengendarai mobilnya. Misal saat tanjakan, jalanan macet, maka pengemudi harus punya skill start and go, terutama mobil manual. Karena jika tidak dikhawatirkan mobil akan mundur,” ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/15/101200315/apa-pengaruhnya-matikan-ac-saat-mobil-melewati-tanjakan-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.