Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konversi Vespa Listrik di Vespa World Days 2022, Hanya Butuh 2 Jam

BADUNG, KOMPAS.com - Dewasa ini tren penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di dalam negeri semakin ramai, seiring dengan upaya pemerintah supaya mengurangi tingkat emisi CO2.

Langkah tersebut, kian dibawa ke berbagai helatan tidak kecuali di Vespa World Days (VWD) 2020/22 melalui konversi Vespa konvensional ke listrik menggunakan perangkat plug-and-play dari Elders Garage.

"Untuk bisa ikut konversi di VWD 2020/22, harus daftar dahulu. Tiap hari hanya satu unit saja yang dikerjakan dengan durasi 2-3 jam," kata Geri Centura dari Elders Electric Division, Elders Garage saat ditemui di Nusa Dua, Bali, Sabtu (11/6/2022).

"Khusus untuk penyelenggaraan ini, installation fee-nya kita bebaskan. Ongkos pasang itu Rp 15 juta, nah tidak dikenakan biaya tersebut," lanjut dia.

Pengerjaan yang cepat ini, bisa dilakukan karena konversi kit untuk Vespa 2-tak merupakan komponen plug-and-play alias tinggal pasang saja.

Jadi, pihak Elders Garage tidak melakukan pengubahan pada bagian bodi atau komponen terkait lain kecuali dapur pacu. Sehingga apabila pemilik ingin mengubah kembali menjadi konvensional, tinggal copot-pasang.

"Kita bisa plug-and-play swing arm, motor, cakram set, controller, serta baterainya sudah satu set kita dapat. Ini tidak merubah apapun di frame karena temen-temen Vespa kebanyakan tak mau bagian itu dirusak," lanjut Geri.

Untuk tipe konversi kit yang tersedia, ada dua yaitu speedster dan duro. Masing-masing memiliki spesifikasi berbeda dengan harga Rp 25,8 juta dan Rp 18,5 juta.

Lebih jauh, untuk speedster memiliki baterai lithium-ion 21700 72v 24 Ah dengan motor Elettrico V2 3kW Disc Brake.??Dari dapur pacu itu, motor jadi mampu menghasilkan kecepatan 75-80 kpj dengan maksimum daya jelajah 60-75 km pada sekali pengisian 0-100 persen selama lima jam.

Sementara tipe duro, menggunakan baterai lithium-ion 21700 60v 19Ah dengan motor Elettrico V1.12 1,2kW disc brake.

Memakai controller Elettrico Square Wave 50a, kecepatan maksimum motor 50-55 kpj dengan daya jelajah maksimum 40-45 km. Adapun pada pengisian 0-100 persen mmebutuhkan waktu lebih singkat yaitu 4 jam.

"Ini untuk segala model, jadi bener-bener plug-and-play selama rumah arm-nya belum berubah, dicoak. Kalau melihat indikator baterainya itu berada di kap atau bisa dipindahkan ke depan," ucap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/12/094100415/konversi-vespa-listrik-di-vespa-world-days-2022-hanya-butuh-2-jam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke