Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Menjaga Suhu Kerja Mesin Mobil Tetap Ideal

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin merupakan komponen utama kendaraan. Bagaimana tidak, mesin lah yang menjadi sumber tenaga sehingga suatu kendaraan dapat berjalan. Maka dari itu, tidak sedikit orang berupaya menjaga performa mesin agar selalu prima.

Salah satunya yaitu berupaya menjaga suhu kerja mesin agar tetap idel. Seperti halnya manusia, mesin juga membutuhkan suhu ideal agar dapat bekerja secara maksimal. Iya, mesin membutuhkan suhu yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, suhu kerja mesin ideal sekitar 80 derajat celsius.

“Sekitar 82 derajat celsius dan tidak terpengaruh oleh suhu udara luar. Setiap pabrikan mungkin berbeda (suhunya), tapi kebanyakan atau rata-rata segitu,” kata Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Dalam rangka menjaga suhu ideal tersebut, mesin memiliki rangkaian sistem yang sangat kompleks.

Mulai radiator, kipas radiator, coolant, thermostat, water pump, sensor suhu air radiator dan lain sebagainya. Kesemua komponen tersebut saling bahu membahu untuk senantiasa menjaga suhu ideal kerja mesin.

Nah, pada saat mesin masih dingin, biasanya di pagi hari setelah mesin mati lama, ada komponen yang bernama thermostat yang bekerja maksimal.

Saat itu mode sistem pendiginan sedang tidak mendinginkan, melainkan mendorong agar suhu ideal mesin cepat tercapai.

“Selain itu thermostat juga berfungsi mempertahankan temperature agar suhunya tetap dalam batas, juga untuk membuka saluran pada mesin yang akan menuju radiator,” tambah Didi.

Bisa dibilang fungsi thermostat ini mirip seperti pintu air. Dia akan membuka dan mentup sesuai dengan kebutuhan mesin. Dia akan menutup ketika suhu kerja mesin di bawah ideal sehingga air radiator tidak mengalir.

Komponen ini juga akan membuka ketika suhu kerja mulai melebihi batas idealnya sehingga air radiator bisa mengalir dan segera didinginkan oleh radiator.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/05/134100915/pentingnya-menjaga-suhu-kerja-mesin-mobil-tetap-ideal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke