Salin Artikel

Tidak Hanya Meredam Suara Knalpot Motor, Ini Fungsi Lain Glasswool

JAKARTA, KOMPAS.com— Busa peredam di knalpot atau sering disebut glasswool kerap digunakan oleh pemilik sepeda motor. Glasswool sendiri berfungsi sebagai peredam suara bising knalpot.

Dengan kata lain, suara yang dihasilkan dari knalpot motor yang menggunakan glasswool tidak akan terdengar bising.

Namun, ternyata glasswool tidak hanya berfungsi sebagai peredam suara saja.

Produsen knalpot aftermarket Abenk Muffler asal Bogor, Jawa Barat, Edi Nurmato alias Abenk mengatakan, glasswool juga berpengaruh terhadap performa motor.

"Kalau untuk di knalpot racing tujuannya untuk peredam. Jadi dia menahan suara yang tadinya ngeblar jadi empuk begitu," kata Abenk kepada Kompas.com belum lama ini.

Masalah performa panjang pendek saringan, besar atau kecil ukuran, banyak atau sedikit itu mempengaruhi performa.

"Jadi urusan saringan, misalkan atasnya (tenaga) kurang nih dikasih di tengah, dan di tengah dan di pinggir itu juga berbeda performanya," kata Abenk.

Tidak hanya itu saja, glasswool juga punya pengaruh untuk menyaring partikel jahat pada emisi. Kerjanya akan seperti katalis. Katalis itu mengurai bahan bakar yang dikeluarkan oleh mesin agar ramah lingkungan.

Melengkapi hal tersebut, Djoko Prayitno, pemilik bengkel Tanjung Motor (TMR) mengatakan, mengganti knalpot dengan jenis racing tidak serta merta bisa membuat motor langsung bisa lebih kencang.

“Benar bisa meningkatkan kecepatan, karena pembuangannya menjadi lebih lancar. Tetapi, baiknya juga dilakukan seting ulang karburatornya, disesuaikan lagi main jet dan pilot jetnya,” kata Djoko.

Terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar penggantian bisa sesuai ekspektasi. Biasanya, dengan penyesuaian pada komponen lainnya, seperti melakukan pengaturan ulang pada karburator.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/26/114200015/tidak-hanya-meredam-suara-knalpot-motor-ini-fungsi-lain-glasswool

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.