Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kopi Tidak Ampuh Usir Kantuk Saat Nyetir Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com— Saat mengendarai mobil, terutama saat perjalanan jarak jauh rentan dilanda rasa kantuk. Pengemudi yang mengantuk akan berbahaya jika berkendara.

Pada saat mengantuk, pengemudi akan kehilangan konsentrasi sehingga berpotensi kecelakaan. Namun, karena perjalanan masih jauh atau dikejar oleh waktu, banyak pengemudi mobil yang memaksakan diri.

Agar tetap terjaga, mengkonsumsi segelas kopi atau bahkan lebih menjadi pilihan. Kafein yang terkandung di dalam kopi dipercaya dapat mengusir rasa kantuk saat berkendara.

Akan tetapi, Pakar kesehatan tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan jika kopi tidak ampuh untuk hilangkan rasa kantuk saat mengendarai mobil.

“Kafein itu aksesoris aja. Yang utama itu bukan minum kopi tapi istirahat dan tidur,” kata Andreas saat dihubungi oleh Kompas.com.

Sudah sejak lama kafein dipercaya menolong seseorang untuk menghilangkan kantuk. Namun, cara ini tidak efektif dilakukan bagi seseorang yang melakukan perjalan dengan mengendarai mobil.

Reflek saat menyetir pengemudi tetap buruk. Jadi idealnya berhenti dan tidur. Boleh ngopi, namun harus meluangkan waktu berhenti untuk tidur.

“Misalnya tidur 20 sampai 30 menit. Usai bangun tidur, manfaat tidur akan didapatkan semua. Tubuh akan kembali segar dan kembali konsentrasi. Motorik otak mulai bekerja kembali,” kata Andreas.

Menurut maka pakar kesehatan tidur tersebut, tidak ada satu satu hal pun yang bisa mengganti efek restoratif tidur. Minuman penambah energi sekalipun tidak menolong.

Maka dari itu, saat pengemudi sudah merakan kantuk baiknya segera menepi dan mencari tempat aman untuk tidur. Jika dibiarkan akan memicu gejala mikro sleep yang berbahaya.

“Namun mengantuk saja sudah bahaya. Kemampuan konsentrasi, kewaspadaan, respon, prosesing otak dan stabilitas emotional tuh semua turun drastis saat mengantuk. Obat ampuh untuk menaikan itu semua hanya tidur,” kata Andreas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/09/190100015/kopi-tidak-ampuh-usir-kantuk-saat-nyetir-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke