Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenali Tanda Tubuh Minta Istirahat Saat Menyetir Mobil Waktu Mudik

Namun, banyak pengendara yang abai dan menunda waktu istirahat meski telah berkendara dengan durasi panjang. Perilaku ini akan membahayakan keselamatan jiwa pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lain karena berisiko tinggi.

Pakar kesehatan tidur Dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengatakan jika ada tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh yang mana pemiliknya harus segera berhenti mengendarai mobil untuk beristirahat.

“Tanda sederhananya yang wajib segera diwaspadai saat mulai menguap. Saat menguap itu artinya tubuh mengantuk dan disusul dengan mata berair. Jika sudah seperti ini, itu tandanya harus segera istirahat,” kata Dr. Andreas saat dihubungi oleh Kompas.com.

Dr. Andreas juga menyebutkan, akan kian berbahaya saat pengemudi dalam keadaan menyetir, kepala pengemudi sudah bersandar di headrest.

Biasanya, saat posisi kepala sudah bersandar di headrest, mata dari pengemudi akan tidak fokus sehingga berkendara mulai oleng. Pada beberapa kasus, pengemudi tidak sadar telah melewatkan rambu lalu lintas.

Pakar kesehatan tidur tersebut menjelaskan jika kondisi tersebut sangatlah fatal. Meski mata masih terbuka, badan masih reflek, sebagian kecil otak pengendara masih ada ada insting nyetir, namun sebagian otak lagi tidur.

Apabila ada sesuatu yang terjadi mendadak, pengemudi mobil dalam kondisi ini tidak bisa menghindar. Maka dari itu penting untuk menyempatkan diri untuk beristirahat saat perjalanan mudik.

Istirahat yang dimaksud yaitu adalah tidur. Dengan tidur sejenak, tubuh dan otak akan mengisi energi kembali untuk melanjutkan perjalanan mudik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/29/112200315/kenali-tanda-tubuh-minta-istirahat-saat-menyetir-mobil-waktu-mudik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke