Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisaran Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Naik Daihatsu All New Xenia

JAKARTA, KOMPAS.com - Mudik Lebaran 2022 diprediksi akan ada banyak yang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya. Dalam perjalanan tersebut, akan ada banyak yang menggunakan mobil pribadi.

Mudik menggunakan mobil pribadi membutuhkan perencanaan yang matang. Salah satunya dalam menghitung biaya atau ongkos selama perjalanan.

Untuk tujuan Surabaya, perjalanan mudik akan melalui Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, lanjut ke Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, kemudian Semarang ABC, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya.

Berikut rincian tarif di tiap ruas tol untuk kendaraan Golongan I, dikutip dari bpjt.pu.go.id, Rabu (27/4/2022):

Jika ditotal, maka perjalanan Jakarta-Surabaya untuk kendaraan Golongan I, membutuhkan biaya hingga Rp 727.500.

Untuk perjalanan jauh yang biasanya dilakukan bersama keluarga ini, mobil paling tepat adalah multi purpose vehicle (MPV) yang dapat menampung banyak orang. Salah satunya adalah Daihatsu All New Xenia.

Xenia baru juga banyak dijadikan favorit untuk mudik, karena selain kapasitas penumpangnya yang banyak, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mobil ini cukup irit.

Menurut hasil pengetesan Kompas.com beberapa waktu lalu, All New Xenia tembus 17,2 kilometer per liter untuk penggunaan di jalan tol.

Sehingga, dengan jarak Jakarta-Surabaya mencapai 782 km, maka All New Xenia membutuhkan sekitar 45,4 liter. Dengan harga Pertalite per liter Rp 7.650 per April 2022, maka pemudik perlu menyiapkan uang bensin sekitar Rp 347.900.

Sementara untuk pengisian bahan bakar menggunakan Pertamax, dengan harga per liter Rp 12.500 per April 2022, maka pemudik harus menyiapkan uang bensin Rp 568.400.

Jadi, jika ditotal untuk perjalanan mudik Jakarta-Surabaya menggunakan All New Xenia, kisarannya bisa mencapai Rp 1.075.400 hingga Rp 1.295.900.

Perlu diingat, perhitungan konsumsi BBM All New Xenia tidak bersifat mutlak. Sebab, konsumsi BBM tiap kendaraan bisa berbeda-beda, tergantung dari bobot yang dibawa, tekanan udara pada ban, kecepatan rata-rata, gaya berkendara, kondisi cuaca dan lalu lintas, dan lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/27/101200215/kisaran-biaya-mudik-jakarta-surabaya-naik-daihatsu-all-new-xenia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke