Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas, Marak Pencurian Spion Mobil Jelang Lebaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang Lebaran, biasanya marak terjadi aksi kriminal. Salah satunya adalah pencurian spion, seperti yang terjadi belakangan ini.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, terlihat dua orang berboncengan naik sepeda motor dan langsung beraksi mematahkan spion mobil yang parkir di pinggir jalan.

"Hati-hati saat parkir mobil di pinggir jalan, pencurian spion mobil sedang merajalela. Rekaman video CCTV dua aksi pelaku maling spion mobil di daerah Sumur Batu, Kemayoran Jakarta Pusat," tulis keterangan video tersebut.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, untuk mencegah pencurian spion mobil, sebaiknya pemilik tidak parkir di sembarang tempat.

Menurutnya, mobil yang parkir di pinggir jalan jadi salah satu mobil yang paling berpotensi dan jadi incaran pencuri. Selain itu, rawan juga terhadap kerusakan tambahan.

“Jika tidak punya garasi, kendaraan sebaiknya dititipkan kepada orang yang bertanggung jawab. Sehingga ada yang menjaga dan mengawasi agar terhindar dari kehilangan,” ujar Sony, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Kepala Bengkel Auto2000 Suparna menambahkan, beberapa mobil keluaran baru biasanya sudah dilengkapi dengan sensor getar sebagai pelengkap pada alarm. Fitur ini juga dinilai cukup ampuh dalam membantu sistem pengamanan pada mobil.

Sayangnya, cukup banyak pemilik mobil yang justru memilih untuk tidak mengaktifkan fitur tersebut, karena dianggap terlalu sensitif.

“Namanya sensor getar memang sensitif terhadap gerakan, suara keras, dan lainnya, jadi kebanyakan orang memilih untuk mematikan," kata Suparna.

"Padahal sensor tersebut bisa membantu mengamankan saat ada maling yang mencoba mendorong, membuka paksa kunci mobil, mengambil spion, sampai memecahkan jendela,” ujarnya.

Menurut Suparna, dengan mengaktifkan sensor getar, maka risiko kehilangan spion bisa berkurang. Setidaknya, akan menghambat kerja maling saat akan mencuri. Bahkan, bisa membuat maling memikirkan konsekuensinya saat alarm menyala.

“Mau parkir di dalam garasi atau luar, baiknya memang semua fitur keamanan pada diterapkan. Sehingga saat kita sedang lengah atau mobil tidak dalam pengawasan ada sinyal yang menjadi pemberitahuan pada kita,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/20/181100315/awas-marak-pencurian-spion-mobil-jelang-lebaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke