Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sembarang Potong Jalan, Jadi Potret Berkendara di Indonesia

Namun demikian, pada kenyataan di lapangan tidak selalu berjalan sesuai aturan. Kerap terjadi pengemudi mobil tidak sabar dan kemudian menyalip atau memotong dari lajur kiri atau jalur dalam. 

Seperti yang terlihat dalam video yang diunggah akun Instagram Dashcam Owners Indonesia, di mana pengemudi mobil berusaha menyalip dan memotong dari kiri.

Menanggapi fenomena tersebut, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, kejadian mobil yang pindah lajur tiba-tiba ini sering terjadi dan jadi potret lalu lintas di Indonesia.

Menurut Sony, ketika sedang mengemudi di jalan raya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan para pengemudi. Pertama tetap konsisten berada di satu lajur.

“Kita bebas berada di lajur manapun tetapi harus sesuai dengan arah tujuan. Jangan asal ingin cepat tetapi justru membuat lalu lintas semerawut, ikuti arus sesuai dengan lajurnya. Jika salah pilih lajur tetap ikuti arus, jadi tidak asal potong seenaknya,” ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kemudian, jika mau pindah lajur, pastikan dilakukan dengan benar dan beretika. Pindah lajur artinya minta izin ke kendaraan lain yang lebih dahulu ada di lajur tersebut, jadi tunggu sampai diberi ruang atau kesempatan.

“Judulnya pindah lajur ya harus minta izin, tunggu kondisi sepi, markanya putus-putus. Nyalakan lampu sein dan berpindah jika dikasih ruang, bukan cepat-cepatan,” kata Sony.

Terakhir adalah miliki rasa takut membuat orang lain celaka. Sehingga ketika ingin melakukan manuver, pastikan dilakukan dengan aman sehingga risiko kecelakaannya minimal.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/13/174100215/sembarang-potong-jalan-jadi-potret-berkendara-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke