Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Peluang Bastianini Raih Kemenangan di MotoGP Amerika 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Gresini Racing punya peluang untuk raih kemenangan lagi. Salah satu pebalapnya akan start dari barisan kedua.

Enea Bastianini punya performa yang cukup baik sepanjang sesi latihan bebas. Pada sesi kualifikasi di Sirkuit Austin, dia jadi pebalap tercepat di urutan kelima.

Bastianini berhasil mencatatkan waktu tercepat dengan 2 menit 2,284 detik. Tim yang disponsori oleh Federal Oil dan beberapa perusahaan Indonesia ini berpotensi untuk naik podium lagi.

Ducati Desmosedici GP21 yang digunakannya juga tercatat jadi yang tercepat di trek lurus sepanjang 2,1 km. Top speed Bastianini tercatat tembus 349,5 km/jam.

“Saya bisa memulihkan feeling yang dimiliki sejak awal musim, yang mana meleset di Argentina. Kami benar-benar sangat kompetitif meskipun masih banyak yang harus dilakukan. Performa sangat bagus ketika single lap dan ini sangat penting untuk hadapi balapan nanti,” ujar Bastianini, dalam keterangan resminya

Bastianini menambahkan, dirinya masih harus fokus di area pengereman dan tikungan panjang, tapi settimg motornya disebut sudah sempurna.

Saat melakukan lap terbaik sempat terganggu sedikit insiden di tikungan 11 oleh pebalap lain. Artinya, dia bisa sedikit lebih baik lagi.

"Tapi masih harus memilih kecocokan ban. Saya suka tipe kompon keras di bagian depan, tapi ini terlalu awal untuk memilih," kata Bastianini.

Sedangkan pebalap rookie Fabio Di Giannantonio akan start dari posisi ke-18 setelah bukukan waktu 2 menit 4,367 detik. Selama sesi latihan, banyak peningkatan kemampuan mengendalikan Ducati Desmosedici GP21 yang didapatnya.

Pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut mengatakan, dirinya sempat mendapat kendala pada awal latihan. Tapi, itu sudah bisa ditangani, dan banyak hal penting diubah di motor sehingga membuatnya lebih percaya diri mengendarai Ducati.

"Saya perlu menghindari terlalu fokus pada performa dan hasil lap time, dan lebih berpikir untuk menemukan pengendaraan terbaik di atas motor, selebihnya akan datang,” ujar Diggia.

Peluang Bastianini untuk kembali naik ke puncak klasemen sementara MotoGP 2022 masih terbuka lebar. Dia hanya tertinggal 9 poin dari Aleix Espargaro yang saat ini ada di puncak klasemen sementara. Dirinya kini masih mengantongi 36 poin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/10/152100615/peluang-bastianini-raih-kemenangan-di-motogp-amerika-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke