Salin Artikel

Penyebab Kemacetan Panjang di Tol Jagorawi Hari Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemacetan panjang terjadi di ruas Tol Jagorawi pada hari ini, Selasa (29/3/2022) imbas adanya gangguan Asphalt Milling Machine seberat 5 ton di KM 01 ruas tol Cawang-Priok.

Kini, pihak PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP) Tbk menyatakan bahwa sudah melakukan evakuasi dan kondisi lalu lintas telah berangsur pulih.

"Saat ini sudah selesai evakuasi, tapi imbas kemacetan masih terjadi di KM 3 Tol Jagorawi," kata Manajer Pelayanan dan Pemeliharaan CMNP, Dudi Setiawan saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Dalam kesempatan sama, dirinya pun menjelaskan kronologi kejadian yang berujung kemacetan panjang tersebut.

Menurut Dudi, kejadian bermula dari laporan petugas Sentral Komunikasi (Senkom) pada pukul 05.00 WIB yang mendapat informasi bila satu unit kendaraan Asphalt Milling Machine mengalami mogok di lajur 2 KM -1+00 A.

Informasi ini kemudian disampaikan kepada petugas di lapangan. Lalu 10 menit kemudian, dua kendaraan derek tiba dan langsung mengamankan serta mengatur lalu lintas di tempat kejadian.

Petugas derek mencoba mengevakuasi kendaraan mogok tersebut dari lajur dua mengarah ke lajur satu. Namun karena berat kendaraan lebih dari 50 ton, derek mengalami kesulitan hingga evakuasi tidak dapat dilakukan.

"Proses evakuasi sempat terkendala dikarenakan roda kendaraan Asphalt Milling Machines terkunci, sehingga mobil derek biasa tidak bisa digunakan", ucap Dudi

Lantas, petugas CMNP berkoordinasi dengan Senkom Jasa Marga untuk membantu penanganan dan meminta mengirimkan satu unit mobil derek yang lebih besar.

Pukul 07.20 WIB mobil derek bantuan Jasa Marga tiba di lokasi. Kemudian truk derek langsung melakukan observasi untuk proses evakuasi namun tetap tidak dapat dilakukan.

"Kami memutuskan alternatif lainnya yaitu menggunakan crane dan trailer lowbed untuk mengangkat dan memindahkan kendaraan Asphalt Milling Machine tersebut," katanya.

Setelah berkordinasi dengan pihak ketiga CMNP mengerahkan dua unit crane dan satu truk trailer lowbed. Kendaraan besar tersebut tiba untuk melakukan evakuasi pukul 08.05 WIB.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/29/151100615/penyebab-kemacetan-panjang-di-tol-jagorawi-hari-ini

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.