Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Jajal Italjet Dragster yang Dijual Rp 155 Juta, Serba Berotot

JAKARTA, KOMPAS.com - Italjet Dragster Limited Edition resmi meluncur dan dijual di Indonesia. Motor berpenampilan sangar yang dijuluki sebagai Urban Superbike.

Italjet Dragster pertama kali diperkenalkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2021. Tapi saat itu belum dijual karena model yang ditampilkan ialah unit pre production.

Kini setelah resmi meluncur di Indonesia, Kompas.com, berkesempatan menjajalnya sebentar. Merasakan keunggulan skuter yang dibanderol Rp 155 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Tes kali ini bukan menyeluruh melainkan untuk mendapatkan impresi berkendara. Kompas.com mendapat jatah melakukan dua putaran di sekitar wilayah SCBD, Jakarta, area diler Italjet.

Soal spesifikasi sudah Kompas.com jabarkan di tulisan sebelumnya. Baik desain, fitur dan keunggulan.

Posisi berkendara

Italjet Dragster 200 memiliki panjang 1.890 mm, lebar 750 mm, tinggi tempat duduk 770 mm. Jarak sumbu roda 1.350 mm dan bobot kosong 124 kg. Kapasitas tangki 9 liter.

Saat pertama duduk di jok Italjet, rider Kompas.com dengan tinggi 168 cm dan berat 71 kg terasa nyaman. Kedua kaki bisa menapak meski posisi duduknya sedikit di ujung.

Soal joknya punya karakter tersendiri. Busanya termasuk tipis tapi jok tidak keras meski terasa padat. Kemudian di bagian belakangnya ada lumbar support buat pinggang.

Posisi setangnya "agak" datar atau rata. Meski demikian posisi duduknya tetap terasa racy.

Kemudian deknya terbelah ala maxi scooter. Tapi yang menarik di bagian tengahnya sengaja diekspos dengan banyak tulang-tulang alias rangka tubular atau trelis. Kita juga bisa melihat tangki bensin di bagian tengah.

Untuk dek pijakan kakinya terbilang kecil atau ringkas. Berbeda dengan maxi scooter yang bisa selonjoran maka gerak kaki di Italjet Dragster bisa dibilang terbatas.

Rasa berkendara

Kunci diputar ke on terdengar suara mesin yang jauh lebih padat ketimbang skutik 150cc. Wajar sebab Italjet Dragster ini mengusung jantung 181cc.

Soal akselerasi bisa dikatakan terasa padat. Gas dipelintir motor cepat terasa tarikannya. Cocok buat kondisi stop and go, sebab Kompas.com tidak merasakan dalam kondisi kencang.

Di atas kertas Italjet Dragster mengusung mesin 181cc, 4-tak, 4-katup, berpendingin cairan. Bore x stroke 63 x 58 mm. Mampu menghasilkan 17,5 tk pada 8.000 rpm dan torsi 15,5 Nm pada 7.500 rpm.

Suspensi depan Italjet Dragster menggunakan Independent Steering System (I.S.S) dengan single arm forged aluminium.

Sistem I.S.S merupakan salah satu ciri khas Dragster. Sistemnya telah dipatenkan oleh tim R&D Italjet untuk memisahkan kinerja pengendalian dengan suspensi.

Saat Kompas.com rasakan karakternya memang bukan seperti skutik kecil, terasa bantingan lebih padat tapi bukan keras. Disinyalir memang sengaja karakternya dibuat seperti itu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/11/091200015/impresi-jajal-italjet-dragster-yang-dijual-rp-155-juta-serba-berotot

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke