Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kargo Logistik Tim MotoGP Mulai Berdatangan ke Sirkuit Mandalika

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain pengaspalan ulang yang sudah selesai, kargo logistik tim MotoGP juga mulai berdatangan ke Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, untuk seri kedua MotoGP 2022.

Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan, kargo logistik akan datang secara bertahap sampai Jumat (11/3/2022) mendatang dalam lima penerbangan dari Doha, Qatar.

"Pada hari Rabu (9/3/2022), ada tiga kali kedatangan kargo Kedatangan kargo pertama dengan pesawat kargo Qatar Airways QR8356, sedangkan yang kedua pesawat kargo QR8062. Adapun kedatangan kargo ketiga menggunakan pesawat kargo Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR8000," ujar Priandhi, dalam keterangan resminya.

Priandhi menambahkan, logistik dibawa langsung menuju Sirkuit Mandalika. Pengangkutan kargo mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Pada pukul 10.00 WITA, digelar seremoni pembukaan kotak milik tim KTM.

Dikutip dari Boxrepsol.com, total berat logistik MotoGP bisa mencapai 370 ton. Bobot tersebut sudah termasuk semua motor dari tiga kelas, semua tim, dan perlengkapan milik penyelenggara alias Dorna Sports. Semuanya disimpan di dalam 1.000 peti.

Tak hanya itu, Dorna juga memiliki 16 truk untuk mengangkut semua peralatan tersebut. Lalu, ada juga 64 kendaraan tim, 95 kendaraan hospitality, dan 13 motorhome. Total dibutuhkan waktu selama 5 hari untuk membangun paddock, dimulai hari Minggu dan selesai hari Kamis.

Untuk perjalanan ke benua atau pulau yang berbeda, Dorna menggunakan 4 pesawat Boeing 747 jumbo jet. Dorna juga memiliki tim yang berjumlah 580 orang untuk memastikan semua kebutuhan logistik dapat teratasi.

Untuk urusan penyiaran atau peliputan, Dorna Sports memiliki 140 kamera untuk setiap seri MotoGP. Ada sekitar 200 orang karyawan yang memiliki tugas khusus untuk merekam dan menyunting video.

Sehingga, bisa dibayangkan jika terjadi kesalahan sedikit saja dalam urusan logistik, penyelenggaraan MotoGP bisa berubah menjadi kacau.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/10/073200015/kargo-logistik-tim-motogp-mulai-berdatangan-ke-sirkuit-mandalika

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke