Salin Artikel

Begini Cara Efektif Cegah Aksi Pencurian di Kabin Bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.com – Aksi pencopetan di kabin bus antar kota antar provinsi (AKAP) masih sering ditemui di Indonesia. Pernah terjadi penumpang yang kehilangan leptop, hand phone, sampai barang-barang berharga lainnya.

Perbedaan dengan copet biasa, pencuri yang ada di bus antar kota biasanya turut memesan tiket sehingga mengikuti keseluruhan perjalanan. Sehingga banyak sekali kesempatan para pencuri ini beraksi, seperti saat malam atau beristirahat di restoran.

Hariyadi, Pengemudi bus AKAP PO Raya mengatakan, sebenarnya operator bisa melakukan antisipasi aksi copet di kabin bus. Saran pertama adalah dengan melakukan pendataan lengkap para penumpang yang mau naik, misalnya seperti alamat lengkap.

“Jadi misalnya yang mau berangkat Hariyadi, tapi yang beli Fathan, tulis di tiketnya Hariyadi garis miring Fathan, alamatnya ditulis sesuai KTP. Ini buat antisipasi aja, cuma kadang agen enggak mau tulis karena sulit dilakukan kalau lagi ramai,” ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (8/3/2022).

Alamat yang ditulis lengkap ini sebenarnya dilakukan agar pencuri berpikir ulang saat mau melakukan aksinya. Jadi ketahuan, ketika ada barang yang hilang, satu penumpang yang dicurigai menjadi pencuri bisa ditelusuri sampai ke rumahnya.

Saran kedua adalah dibuatnya loker di bagasi kabin yang ada di atas kepala. Jadi satu penumpang memegang kunci sendiri untuk lokernya, sehingga keamanan barang jadi lebih terjamin.

“Bikin kunci tambahan, kru bawa satu, penumpang bawa satu. Nanti kalau mau turun dikembalikan kuncinya ke kru,” kata dia.

Menurutnya, dengan membuat loker dengan pengunci di bagasi kabin, biayanya bisa lebih murah daripada memasang CCTV. Selain itu memasang loker bisa jadi lebih solutif mencegah aksi pencurian di kabin bus.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/09/112200115/begini-cara-efektif-cegah-aksi-pencurian-di-kabin-bus-akap

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.