Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pebalap Asal Gunung Kidul Kibarkan Bendera Indonesia di Balapan Qatar

JAKARTA, KOMPAS.com – Veda Ega Pratama berhasil mengibarkan bendera Merah Putih melalui raihan podium ketiga di balapan putaran kedua seri perdana ajang balap Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), yang dihelat di Lusail International Circuit, Qatar (5-6/03).

Pebalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM) ini tercatat menjadi yang termuda pada ajang balap IATC 2022.

Memulai balapan dengan start dari posisi ke 7, Veda berjuang menghadapi persaingan yang sangat kompetitif, bersaing dengan pebalap asal Jepang, Amon Odaki dan Shinya Ezawa.

Pebalap asal Wonosari, Gunung Kidul, tersebut tetap berusaha tampil fokus dan konsisten dalam merebutkan podium, hingga akhirnya berhasil menyentuh garis finish di posisi ketiga.

“Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama kemarin, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan,” ujar Veda yang masih berusia 13 tahun, dalam keterangan tertulis (6/3/2022).

“Saya sangat senang berhasil merah podium di race kedua ini. Semoga modal podium ini menjadi awal yang baik untuk semakin motivasi saya untuk tampil lebih baik lagi di putaran berikutnya,” kata dia.

GM Marketing Planning and Analysis Division AHM Andy Wijaya, mengatakan, perjuangan Veda Ega Pratama dan para pebalap muda Indonesia untuk memberi kebanggaan bagi bangsa telah menjadi inspirasi bagi banyak pemuda Tanah Air lainnya.

Menurut Andy, raihan positif pada seri perdana ajang balap ini merupakan awal yang baik untuk IATC 2022.

“Kami harap capaian ini dapat menginspirasi para pebalap muda Indonesia untuk terus optimis dalam upaya mengharumkan nama bangsa pada putaran selanjutnya di ajang IATC 2022,” ucap Andy.

“Sekaligus memberikan semangat juang dalam mewujudkan mimpi hingga jenjang balap tertinggi MotoGP,” ujar dia.

Untuk diketahui, seri pertama ajang balap IATC 2022 dihelat sebanyak dua putaran pada hari Sabtu (05/03) dan putaran kedua di hari Minggu (06/03).

Pada putaran pertama Reykat Yusuf Fadilah dan Muhammad Diandra Trihardika berhasil menyelesaikan balapan sebanyak 14 lap dengan masing-masing finis di urutan ke-8 dan ke-10. Sementara Veda Ega Pratama dan Aan Riswanto gagal finish pada putaran pertama karena terjatuh.

Nantinya, seri kedua IATC 2022 akan diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit (Indonesia). Gelaran ini bakal diikuti oleh 20 pebalap muda hasil seleksi ketat dari seluruh negara di Asia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/07/133100415/pebalap-asal-gunung-kidul-kibarkan-bendera-indonesia-di-balapan-qatar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke