Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Puncak Masih Ramai, Polisi Siapkan Ganjil Genap dan Sistem Satu Arah

BOGOR, KOMPAS.com – Usai terjadi kemacetan luar biasa pada akhir pekan lalu, bertepatan dengan peringatan Isra Miraj, lalu lintas di Puncak, Bogor, Jawa Barat, masih terpantau masih padat.

Bahkan pada Kamis (3/3/2022) yang bertepatan dengan libur Hari Raya Nyepi, kawasan Puncak masih terbilang ramai lancar.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin mengatakan, untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, pihaknya tetap memberlakukan pemeriksaan ganjil genap menuju kawasan tersebut.

Meski begitu, di Simpang Gadog belum terlihat adanya penumpukan kendaraan baik dari arah Jakarta menuju Puncak maupun sebaliknya. Hanya terdapat sedikit antrean kendaraan karena pemeriksaan ganjil genap.

“Hari ini kondisinya masih lancar ke atas (Puncak) mau ke bawah (Jakarta) kami juga menerapkan ganji genap dimaksudkan membatasi kendaraan,” ujar Iman, disitat dari NTMC Polri (3/3/2022).

“Ratusan kendaraan semenjak malam kami putar arah untuk kendaraan yang tidak sesuai,” kata dia.

Namun, apabila nantinya terjadi peningkatan volume kendaraan petugas akan memberlakukan sistem one way. Tetapi, masih bersifat situasional tergantung kondisi di lapangan.

“Jam-jam tertentu apabila membutuhkan pengurasan kendaraan yang meningkat one way dilakukan. Untuk ganjil genap ketika one way tidak berlakukan supaya lebih cepat menguras kendaraan,” ucap Iman.

Selain itu, pihaknya menempatkan sebanyak 185 personel di sepanjang Jalur Puncak untuk mengatur lalu lintas. Termasuk menyiapkan kendaraan derek mengantisipasi kendaraan yang mogok di jalan.

“Jalur-jalur alternatif yang mengarah pada jalur utama juga kami lakukan penjagaan. Kemudian tim patroli untuk mengurai apabila titik-titik simpul kemacetan juga terus melakukan patroli di Jalur Puncak,” kata Iman.

“Sehingga masyarakat yang melalui Jalur Puncak bisa melaluinya dengan lancar dan nyaman,” ujar dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/04/080200315/puncak-masih-ramai-polisi-siapkan-ganjil-genap-dan-sistem-satu-arah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke