Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pikap Tergelincir Menabrak Dinding Tebing Akibat Lewat Jalan Licin

Seperti contoh video yang diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck pada Kamis (10/2/2022).

Dalam rekaman itu, terlihat mobil pikap berusaha mencoba melintasi salah satu ruas jalan tanah yang basah setelah diguyur hujan. Namun, sayangnya pikap tersebut kehilangan kendali karena jalan licin hingga menabrak dinding tebing.

“Ah licin banget, armada kita masuk, turun enggak turun. Tuhan… Ancur,” ucap perekam video tersebut.

Training Direction The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, mobil yang kehilangan kendali karena jalan licin sebenarnya bisa dikendalikan agar lebih aman. Paling utama, pengemudi jangan menginjak rem saat ban pikap selip, karena itu yang berbahaya.

Selain tidak menginjak rem, menambah gas pun jangan coba dilakukan. Pasalnya, putaran ban yang tinggi akan membuat hilangnya traksi ban ke aspal.

“Jadi cara yang paling benar yaitu mengatur gas dan kemudi sehingga ban tetap mendapatkan traksi di jalan,” kata dia.

Saat alami selip, Marcell menyarankan pengemudi untuk kurangi gas dan kendalikan kemudinya. Kemudian, ketika bertemu jalan berlumpur atau tanah basah di tanjakan, stop kendaraan lalu observasi kondisi medannya. Bila dianggap memungkinkan, silahkan ambil jalur tersebut.

“Namun jika jalannya tidak memungkinkan, lebih baik tidak ambil risiko. Tetapi jika tetap mengambil jalan tersebut, atur putaran roda dan kemudi agar ban tetap mendapatkan traksi di jalan yang licin,” ucapnya.

Ingat tidak semua kendaraan memiliki kemampuan sama untuk menghadapi kondisi jalan. Dalam kasus ini, mobil dengan penggerak 4x4 akan punya kelebihan untuk menaklukan medan jalan off road yang licin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/11/070200515/pikap-tergelincir-menabrak-dinding-tebing-akibat-lewat-jalan-licin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke