Salin Artikel

Pemula, Begini Cara Benar Oper Gigi Perseneling Mobil Manual

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil bertransmisi manual memang butuh ketelitian dan perhatian lebih dibanding mobil transmisi otomatis.

Sebab pengemudi harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu sebelum memindahkan gigi perseneling. Saat proses pemindahan perseneling pun tidak bisa asal agar sistem transmisi tidak mudah rusak.

Terkadang ditemui pemula yang masih melakukan kesalahan saat melakukan oper gigi perseneling. Kesalahan tersebut tidak jarang menyebabkan timbulnya suara berderak yang cukup keras saat perpindahan transmisi.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan bahwa saat mengendarai mobil manual, pengemudi harus benar-benar menginjak pedal kopling secara penuh sebelum mengoper gigi perseneling.

Dengan begitu, tenaga akan rilis semua, flywheel dan cover kopling pun juga sudah terbebas sehingga bisa dengan mudah melakukan perpindahan gigi dengan mulus.

“Dalam kondisi ini putaran dari mesin sudah tidak menggerakkan gigi transmisi. Barulah bisa dilakukan pemindahan gigi percepatan,” ujar Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Perpindahan transmisi yang mulus bisa terjadi berkat adanya sistem synchromesh. Sistem ini bertugas menyamakan kecepatan roda gigi percepatan dengan pasangannya. Satu gigi diputar dari arah mesin atau input transmisi dan yang lainnya akan menjadi output transmisi.

Tujuan gigi percepatan disamakan, agar kedua gigi tersebut dapat diikat atau dikaitkan dengan mudah. Sehinga nantinya putaran mesin bisa diteruskan ke output tansmisi, kemudian tenaganya disalurkan pada ban.

Selain perpindahan gigi transmisi saat kendaraan melaju ke depan, yang juga perlu diperhatikan adalah saat hendak menggunakan gigi mundur.

Suparna mengatakan, jika kendaraan hendak berjalan mundur sebaiknya pemindahan gigi persneling menunggu sampai kendaraan benar-benar berhenti.

Sebab jika mobil belum berhenti sepenuhnya tetapi tuas transmisi sudah digeser, kemungkinan besar akan terjadi bunyi “krak” meskipun pedal kopling sudah diinjak saat persneling dipindah.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/05/174200015/pemula-begini-cara-benar-oper-gigi-perseneling-mobil-manual

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.