Salin Artikel

Mobil Tertimpa Pohon, Klaim Asuransi Bisa Ditolak

MALANG, KOMPAS.com - Peristiwa pohon tumbang menimpa mobil kembali terjadi, di Malang, Jawa Timur, Kamis (3/2/2022) sekitar pukul 14.40 WIB.

Melansir Kompas.com, satu unit mobil Daihatsu Sigra yang parkir di tepi Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, Kota Malang, tertimpa pohon randu yang roboh akibat hujan deras disertai angin kencang.

Bagian buritan Daihatsu Sigra tersebut nampak rusak parah. Pilar belakang mobil pun ringsek dan kaca belakangnya lepas. Saat insiden tersebut terjadi, pemilik mobil yang seorang diri berada di kursi pengemudi. Beruntung yang bersangkutan selamat.

Mobil yang ringsek usai tertimpa pohon tumbang tentu akan memakan biaya perbaikan yang besar. Apalagi kerusakan yang dialami terhitung parah jika sasis dan pilar penyangga bengkok atau bergeser dari keadaan seharusnya.

Namun bagaimana bila mobil sudah diasuransikan? Sayangnya, kendaraan yang tertimpa pohon tidak ditanggung oleh pihak ke-3 kecuali pemilik terkait memperluas perlindungan kendaraannya.

Ketika dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu, Laurentius Iwan Pranoto, SVP Communication, Event, and Service Management Asuransi Astra mengatakan, hal tersebut tertuang dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, Bab II Pengecualian, Pasal 3.3, yang berbunyi sebagai berikut.

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:

3.1. kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasaan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;

3.2. gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainya;

3.3. reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi, atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.

Maka dari itu, selama pemilik mobil tidak mengasuransikan mobilnya dengan perluasan all risk alias seluruh risiko, maka perbaikan akibat kerusakan akibat tertimpa pohon tumbang tidak bisa ditanggung pihak asuransi.

"Jadi, pastikan dulu polis asuransi sudah dilengkapi perluasan jaminan sehingga klaim bisa dilakukan dan kerusakannya diganti. Tapi bila sudah memakai all risk harusnya aman," kata Iwan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/04/114200115/mobil-tertimpa-pohon-klaim-asuransi-bisa-ditolak

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.