Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemasangan Cip pada Pelat Nomor Perlu Kajian dan Regulasi Tersendiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan bermotor rencananya akan dipasang cip. Langkah ini dinilai bisa menjadi terobosan bagus. Namun, perlu kajian yang mendalam dan regulasi tersendiri.

Hal ini diperlukan karena pemasangan cip tersebut menyangkut kepentingan publik serta identitas setiap pemilik kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.

Budiyanto, pemerhati masalah transportasi, mengatakan, pemilik kendaraan yang akan terkoneksi dengan database kendaraan bermotor dapat digunakan untuk pendeteksian dalam hal pelanggaran lalu lintas.

"Menurut hemat saya, dapat juga digunakan untuk mendukung tugas-tugas penyidikan di bidang kecelakaan lalu lintas," ujar Budiyanto, dalam keterangan resminya.

Budiyanto menambahkan, konteksnya dengan pelanggaran lalu lintas adalah apabila kendaraan tersebut tidak sesuai, maka akan ditindak atau dikenakan tilang.

Sementara hubungannya dengan regulasi yang mengatur, berkaitan dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB), sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) Pasal 68 ayat 3.

"Pasal tersebut menyebutkan bahwa TNKB memuat Kode wilayah, nomor registrasi, dan masa berlaku. Dari dasar ini sehingga perlu dipikirkan dasar aturannya," kata Budiyanto.

Menurutnya, pengadaan cip memerlukan material dan tentunya biaya yang relatif cukup besar, mengingat jumlah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat cukup banyak. Dari aspek inilah yang menyangkut kepentingan umum, sehingga perlu adanya persiapan yang matang dan terencana dengan baik.

"Saya sependapat dengan pihak Korlantas untuk pelaksanaanya perlu proses dan persiapan yang matang untuk memberlakukan pemasangan chip dalam plat nomor kendaraan. Dalam proses tersebut, harus melalui pengkajian karena menyangkut kepentingan dan pelayanan publik," ujar Budiyanto.

Setelah dikaji, baru bisa ditentukan regulasi, waktu, pembiayaan, dampak sosial, dan lainnya. Tapi, bagaimana pun prosesnya, menurut Budiyanto, faktor sosialisasi tetap sangat penting untuk memberikan pemahaman pentingnya pemasangan chip dalam plat nomor kendaraan bermotor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/15/134200315/pemasangan-cip-pada-pelat-nomor-perlu-kajian-dan-regulasi-tersendiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke