Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gampang, Begini Cara Mudah Memilih Alur Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil merupakan salah satu part fast moving yang mudah diganti oleh pemiliknya. Memilih ban dengan model dan ukuran tertentu juga dinilai dapat meningkatkan penampilan mobil menjadi lebih sporty atau gagah.

Ketika mengganti ban, ada saja efek yang bisa dirasakan oleh pengemudi, salah satunya adalah suara ban atau tire noise ketika dikendarai. Biasanya, mengganti ban dengan alur telapak tertentu malah membuat tire noise semakin keras.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal mengatakan, tire noise terjadi karena turbulensi udara di sekitar alur ban. Ban dengan alur yang besar-besar seperti ban lumpur (mud-terrain) tentu menghasilkan suara yang lebih berisik.

“Ban M/T punya block yang besar-besar dengan celah yang juga besar sehingga membuatnya lebih berisik. Misal seperti ban off road, membuat banyak udara yang terperangkap di celah groove-nya,” kata Zulpata kepada Kompas.com belum lama ini.

Pilihan ban dengan alur yang lebih rapat memiliki tingkat keheningan yang lebih bagus dibanding celah yang lebih besar. Selain alur ban, kompon dan konstruksi ban juga berpengaruh terhadap tingkan kebisingan ban ketika dibawa di jalan raya.

“Ban dengan alur yang rapat juga kalau compound dan konstruksinya enggak dukung, pasti agak berisik juga. Namun, minimal lebih baik suaranya daripada yang celah block-nya lebar,” ucap Zulpata.

Kompon dan konstruksi ban memang sulit dilihat dari luar. Jadi paling mudah memang melihat dari alurnya saja dan pastikan kompon yang digunakan ban bukan yang terlalu keras untuk meredam tire noise.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/14/181200615/gampang-begini-cara-mudah-memilih-alur-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke