Salin Artikel

Sudah Jarang Bus yang Pakai Tangki Solar Tambahan

JAKARTA, KOMPAS.com – Bus di Indonesia punya trayek yang jauh, bahkan bisa sampai ribuan kilometer. Melewati rute yang jauh, tentu bus harus melakukan istirahat untuk mengisi solar ke tangkinya.

Biasanya, bus punya kapasitas tangki solar sekitar 270 liter sampai 400 liter tergantung mereknya. Perusahaan Otobus (PO) yang melewati rute jauh dan minim SPBU biasanya menyiasati dengan menambah tangki solar.

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan mengatakan, tambahan tangki ini bukan dilakukan oleh karoseri, melainkan pemilik bus tadi membawa tangkinya sendiri.

“Bawa sendiri tangki solarnya, nanti kita yang pasang,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

Yohan menjelaskan kalau zaman sekarang sudah jarang bus yang minta dipasang tangki tambahan. Dulu, ada operator bus yang kerap memasang tangki tambahan, salah satunya PO Madu Kismo.

“Biasanya sasis Hino, tangkinya kecil jadi diperbesar. Kalau sasis yang Eropa, biasanya sudah besar tangki solarnya,” kata Yohan.

Selain itu, jika menambah tangki kedua, akan menambah berat bus. Efeknya, ban jadi lebih cepat aus dan menurut Yohan, per juga ikut kena dampaknya, jadi lebih lembek.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/01/12/142100615/sudah-jarang-bus-yang-pakai-tangki-solar-tambahan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.