Salin Artikel

Mengatasi Handle Pintu Mobil yang Kerap Lecet

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian handle atau gagang pintu mobil yang berupa cekungan sering kali terlihat lecet. Padahal, pemilik atau pengemudi tidak tahu apa dan kapan penyebabnya.

Meski biasanya lecet yang timbul cenderung halus, naum tentu mengurangi estetika dari eksterior kendaraan kesayangan secara keseluruhan. Lantas, kira-kira kenapa kondisi terkait terjadi?

Dikatakan oleh Kepala Bengkel Body and Paint Auto2000 Karawang, Jawa Barat, Arie Ferdiansyah, bagian cekungan handle pintu permukaan catnya sering mendapatkan kontak langsung dari kuku pengguna kendaraan.

Sehingga, membuat bagian eksterior eksterior tidak lagi mulus meski kasat mata tak terlihat.

"Banyaknya lecet tergantung frekuensi kontak cekungan dengan kuku pengguna. Semakin sering maka akan semakin banyak kuku pengguna menggores permukaan cat di bagian cekung tersebut," kata Arie, Jumat (31/12/2021).

"Untuk mengatasinya, pemilik bisa menggunakan proteksi tambahan di bagian terkait seperti Nano ceramic, plastic film atau accesories yang khusus untuk handle," tambahnya.

Lalu jangan lupa juga untuk melakukan perawatan rutin cat dan bodi kendaraan di bengkel setiap 3 sampai 6 bulan sekali untuk membersihkan dan memastikan cat dan bodi kendaraan selalu dalam kondisi bersih.

"Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihgan bagian cekung tersebut. Terlebih di musim hujan seperti sekarang, jangan biarkan ada sisa air terlalu lama tertinggal di selahnya," kata Arie lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/31/170100215/mengatasi-handle-pintu-mobil-yang-kerap-lecet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.