Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Verstappen Juara Formula 1, Mercedes Langsung Ajukan Protes

JAKARTA, KOMPAS.com – Kemenangan Max Verstappen pada seri terakhir di GP Abu Dhabi yang digelar di Sirkuit Yas Marina, Minggu (12/12/2021), sedikit diwarnai kontroversi.

Tim Mercedes melayangkan protes ke FIA atas manuver Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton dalam penentuan gelar juara dunia F1 di balap F1 Abu Dhabi 2021.

Disitat dari situs resmi Formula1 (13/12/2021), tiga puluh menit setelah balapan, tim Mercedes mengajukan dua protes yang ditujukan ke FIA, bukan ke tim Red Bull yang pebalapnya memenangkan lomba dan menjadi juara dunia F1 2021.

Satu protes berhubungan dengan bagaimana race control menangani restart balapan, dan satu lagi soal penggunaan safety car.

Dalam kasus ini, Max Verstappen diduga menyalip Hamilton saat periode safety car berlangsung.

Setelah membebaskan Max Verstappen dari kesalahan apapun di belakang safety car, FIA mengonfirmasi bahwa mereka tidak mendukung protes kedua Mercedes dan mengukuhkan Verstappen sebagai juara dunia.

Atas dasar tersebut, Mercedes beragumen bahwa Lewis Hamilton yang akan memenangi balapan serta gelar juara dunia. Tim Mercedes juga meminta perubahan hasil balapan di bawah International Sporting Code FIA.

Namun stewards mengatakan, pasal itu mungkin tidak diterapkan sepenuhnya lantaran safety car masuk di akhir lap yang sama.

Pasal 48.13 juga mengesampingkan hal tersebut dan setelah pesan ‘safety car masuk pada lap ini' ditampilkan, wajib untuk menarik safety car di akhir lap itu.

“Meskipun demikian, permintaan Mercedes agar stewards memperbaiki masalah ini dengan mengubah klasifikasi untuk mencerminkan posisi pada dua lap tersisa," tulis pernyataan dari FIA.

"Ini adalah langkah yang diyakini stewards secara efektif memperpendek balapan secara retrospektif, dan karenanya tidak sesuai. Dengan demikian, protes ditolak,” lanjut pernyataan itu.

Sebelumnya FIA juga menolak protes tim Mercedes atas Verstappen yang diduga menyalip Hamilton di belakang safety car sebelum restart. Tetapi protes yang pertama ini juga ditolak stewards FIA.

Tak lama setelah putusan stewards, Mercedes mengumumkan niatnya untuk mengajukan banding atas ditolaknya protes mereka. Tim Mercedes sekarang memiliki 72 jam untuk memutuskan apakah mereka ingin melanjutkan masalah ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/13/174100815/verstappen-juara-formula-1-mercedes-langsung-ajukan-protes

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke