Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Baterai Remote Keyless Habis, Vario Langsung Mogok

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi berkembang untuk memudahkan manusia. Salah satunya di bidang otomotif ialah pemakaian smart key alias keyless atau penguncian tanpa anak kunci pada sepeda motor matik alias skutik.

Sistem keyless dilengkapi dengan remote. Fungsi remote keyless ini cukup banyak seperti untuk proses menyalakan mesin, buka tutup jok, dan mencari motor di parkiran. 

Tapi dari sekian keunggulan itu ada juga kelemahannya. Seperti dalam video yang diunggah akun Tik Tok @fafa_ahfar yang bercerita mengenai fitur keyless pada motornya yaitu Honda Vario 150.

"Tetapi setelah aku pulang bawa kunci ternyata tak bisa konek ke motornya, ibarat hp gak ada jaringan, tak bisa ngapa-ngapain," tulis keterangan video dikutip Minggu (12/12/2021).

Pengunggah video mengaku kebingungan karena skutik miliknya tak kunjung hidup. Akhirnya, menghubungi bengkel resmi AHASS dan mendapatkan penjelasan kemungkinan ada masalah kelistrikan. 

"Jadi alhasil motor ku tak bisa ku bawa pulang, dan aku inepin di tempat terdekat yang aman," kata keterangan video dikutip Minggu (12/12/2021).

Fitur keyless ini sudah dipakai di beberapa skutik Honda, seperti Scoopy , Vario 150, PCX 160, ADV 150, dan Forza.

Sebab biasanya baterai pada remote keyless tidak habis tiba-tiba, tapi kemampuannya melemah telebih dahulu.

"Ciri-ciri baterai keyless motor Honda lemah adalah jika koneksi remote sudah tidak normal yakni kadang bisa koneksi kadang tidak. Bisa juga tiba-tiba lampu indikator di remot2 mati jika ditekan atau redup," katanya kepada Kompas.com, Minggu (12/12/2021).

Herman mengatakan sebenarnya tidak ada patokan baku kapan baterai remote harus diganti. Sebab tidak ada hitungan pasti kapan daya baterai habis.

"Penggantian baterai tergantung pemakaian remot juga," kata Herman. 

Keyless

Beberapa sepeda motor sudah mengadopsi teknologi smart key atau keyless alias tanpa anak kunci.

Dengan teknologi keyless, pemilik kendaraan tidak perlu lagi menggunakan anak kunci untuk menyalakan motor. Melainkan pemilik dibekali remote untuk terkoneksi dengan motor.

Teknologi ini disebut manjur untuk menjaga motor dari incaran maling. Selain tanpa anak kunci, remote keyless biasanya juga dibekali dengan teknologi answer back system hingga alarm.

Saat ini fitur keyless masih bisa dikatakan sebagai fitur premium. Maka dari itu tidak semua motor dilengkapi dengan teknologi ini.

Salah satu pabrikan yang sudah menerapkan penggunaan teknologi keyless adalah Honda. Pabrikan berlogo sayap mengepak ini sudah mengaplikasikannya pada Scoopy, Vario 150, PCX 160, dan Forza 250.

Pemilik motor hanya perlu mendekatkan remote untuk bisa memutar kenop sebagai pengganti kunci kontak. Remote juga sudah terintegrasi dengan fitur immobilizer, answer back system, anti theft alarm.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/13/090200815/cerita-baterai-remote-keyless-habis-vario-langsung-mogok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke