Salin Artikel

Era Kendaraan Listrik Sudah di Depan Mata

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 menjadi salah satu bukti kesiapan industri otomotif nasional untuk beralih ke energi yang ramah lingkungan, khususnya kendaraan listrik.

Pasalnya, dalam helatan yang berlangsung 11-21 November 2021 tersebut terdapat beberapa produk baru yang diperkenalkan ke masyarakat dalam negeri, termasuk mobil listrik.

Beberapa di antaranya ialah Hyundai Kona Electric, Hyundai Ioniq Electric, Nissan Leaf, Mitsubishi Minicab-MiEV, Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota Prius PHEV, Lexus UX 300e, Lexus ES300h, MG 5 EV, MG ZS EV, dan GSEV dari Wuling.

Atas hal ini, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN Bob Saril yang hadir di pameran menyambut gembira kehadiran kendaraan listrik pada ajang GIIAS 2021.

“Pada pameran ini masyarakat dapat melihat secara langsung bahwa era kendaraan listrik sudah ada di depan mata. Edukasi dari pabrikan otomotif ini tentunya dapat meningkatkan awareness masyarakat secara langsung,” ujarnya, Rabu (17/11/2021).

Sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, tentunya PLN sangat mendukung upaya edukasi yang dilakukan oleh ATPM otomotif Tanah Air.

Bahkan, PLN mendukung ekosistem kendaraan listrik untuk terus tumbuh sebelum pameran ini berlangsung.

“Kami terus mengkomunikasikan kepada pelanggan pada umumnya, bila mobil listrik itu aman dan mudah. Termasuk juga dari sisi pengisian baterai di rumah maupun public charging station," kata Bob.

Dia pun berharap, pameran tahunan ini dapat diikuti ajang serupa yang hanya menghadirkan kendaraan listrik agar semakin banyak masyarakat merasakan langsung pengalaman menggunakan mobil listrik.

Bob optimistis transisi ramah lingkungan sektor transportasi dapat lebih cepat tercapai.

"Kalau perlu pengunjung bisa diajak test drive mobil listrik di dalam ruangan. Tentunya tidak akan ada masalah, karena mobil listrik tidak ada polusinya," lanjut dia.

Diketahui, dalam mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, PLN sudah membangun stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) sebanyak 50 unit.

Hingga akhir tahun nanti, PLN menargetkan akan ada penambahan 67 unit SPKLU di berbagai lokasi di seluruh Indonesia.

Sementara dari sisi memberikan kemudahan untuk masyarakat, PLN berinovasi dengan menciptakan aplikasi Charge.IN yang terintegrasi dengan superapps PLN Mobile.

Pelanggan bisa mencari info SPKLU terdekat, juga pengalaman terkait kendaraan listrik lain dalam satu aplikasi saja.

PLN juga bekerja sama dengan ATPM otomotif untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan yang baru membeli kendaraan listrik.

Melalui kerja sama ini, begitu pelanggan membeli mobil maka akan langsung bisa dilayani oleh PLN, mulai dari memasang home charging , sampai dengan layanan menambah daya dan integrasi Charge-IN.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/17/184100315/era-kendaraan-listrik-sudah-di-depan-mata

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.