Salin Artikel

Spesifikasi Minicab MiEV, Mobil Listrik Mungil yang Dicoba Jokowi

TANGERANG, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo berkunjung ke pameran GIIAS 2021. Tak hanya datang saja, Jokowi juga sempat menjajal mobil listrik mungil bernama Mitsubishi Minicab MiEV di ICE BSD City pada Rabu (17/11/2021).

Minicab MiEV merupakan LCV (Light Commercial Vehicle) berbentuk van mungil berkelir putih dengan tampilan minimalis.

Namun demikian, Minicab MiEV mampu memenuhi kebutuhan mobilitas di lingkungan yang padat dan sempit, terutama untuk armada logistik.

Di Jepang, Minicab MiEV telah dijual sejak 2011. Di sana, mobil ini digunakan sebagai kendaraan logistik di dalam kota dengan jarak tempuh hanya sekitar 100 km.

Mobil ini memiliki fitur daya listrik 1500W DC dan dapat menjadi sumber tenaga dengan menyalurkan daya AC 100 V, yang cukup untuk menyalakan peralatan elektronik saat berkegiatan di luar ruangan.

Motor listrik mobil ini memberikan daya yang besar, nol emisi serta senyap, sehingga sangat mungkin digunakan di perkotaan yang padat.

Minicab MiEV hadir dengan dual airbags serta kontrol traksi. Dengan ukuran bodi yang kompak, mobil ini punya radius putar 4,3 meter yang sangat cocok dipakai di jalanan yang sempit.

“Kami mengapresiasi perhatian dan dukungan Presiden Jokowi dan Pemerintah Indonesia terhadap kegiatan pameran otomotif sebagai salah satu barometer industri otomotif di Indonesia,” ujar Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), dalam keterangan resmi (17/11/2021).

“Kami juga berharap dukungan tersebut mencakup akselerasi kendaraan listrik dan infrastruktur pendukungnya, terutama terkait Hybrid, Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV),” kata Nakamura.

Minicab MiEV ini terbilang menarik karena telah membuktikan ketangguhannya di Jepang sebagai kendaraan operasional perusahaan logistik.

Untuk memastikan fungsi dan keandalan produk, MMKSI akan memulai uji coba dengan mitra potensial di Indonesia untuk operasional mereka.

Hasil pengujian akan digunakan untuk pengembangan kendaraan listrik Mitsubishi Motors di Tanah Air ke depannya.

“Ini sangat cocok buat masyarakat Indonesia karena kendaraan komersial punya jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dan sudah ada polanya,” ujar Hikaru Mii, Director of Product Strategy  Division PT MMKSI, dalam konferensi pers (16/11/2021).

“Saat ini Minicab EV belum untuk dijual. Masih jalani tahap uji coba, tapi uji coba itu akan jadi pertimbangan apakah menjual atau tidak,” ucap dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/17/162708315/spesifikasi-minicab-miev-mobil-listrik-mungil-yang-dicoba-jokowi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.