Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Perbedaan All New Avanza dan New Veloz

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) telah resmi memeprkenalkan dua produk baru mereka yakni All New Avanza dan New veloz di pameran otomotif GIIAS 2021.

Dua mobil tersebut hadir dengan ubahan mulai dari sisi desain eksterior, interior, platform, bahkan roda penggerak mobil. Dua mobil tersebut kini juga menjadi dua brand yang berbeda.

Sebelum melihat secara langsung, berikut redaksi Kompas.com berikan gambaran sekilas mengenai perbedaan keduanya.

Dari segi ukuran dan dimensi, Avanza dan Veloz baru tidak terlau memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Keduanya memiliki dimensi yang sedikit lebih besar dari versi sebelumnya dengan ground clearence 205 mm.

Dari tampilan depan, keduanya memiliki tampang yang berbeda. Avanza baru menggunakan grill trapesium berukuran besar menyerupai Toyota Raize. Sedangkan untuk Veloz lebih cenderung menyerupai Corolla Cross.

Kemudian pada sisi bodi samping kanan dan kiri dibuat sama persis. Namun, ukuran kaki-kaki ada perbedaan, Avanza generasi terbaru punya pelek 16 inci dan Veloz lebih besar, yaitu 17 inci. Kedua model itu sudah menggunakan platform baru, penggerak roda depan, dan pilihan transmisi CVT menggantikan model konvensional.

Pada interior, Avanza baru memiliki ubahan yang cukup banyak mulai dari dasbor dan juga panel instrumen baru. Selain itu terdapat Illuminating Start/Stop Button. Dari segi hiburan, Avanza kini punya Head Unit 9 inci (1,5 G).

Bagian kemudi juga sudah menggunakan fitur Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Dari segi keamanan, mobil ini juga sudah menggunakan Vehicle Stability Control dan Hill Start Assist sebagai standar baru Avanza. Kemudian ada Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Sedangkan untuk tipe tertingginya juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). Fitur TSS pada Avanza terdiri dari, Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking, Pedal Missoperation Control, Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention, dan Front Departure Alert.

Sementara fitur pada Veloz, apa yang ada di Avanza juga tersedia pada Veloz, plus tambahan wireless charger di konsol tengah sebagai fitur premium bersama dengan Electric Parking Brake with Brakehold yang menggantikan tuas rem parkir konvensional.

Untuk harganya, Toyota mulai memasarkan mobil Avanza baru mulai Rp206,2 juta-Rp264,4 juta, sementara Veloz mulai Rp251,2 juta hingga Rp291,5 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/17/111200215/ini-perbedaan-all-new-avanza-dan-new-veloz

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke