Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Marc Kembali Alami Diplopia, Penyakit Penglihatan Ganda

Hal itu terjadi setelah dia mengalami gegar otak ringan sebelum GP Algarve Portugal, pekan lalu. Setelah gegar otak penglihatannya jadi berbayang seperti yang dia alami pada 2011.

Dokter mata Dr. Sánchez Dalmau dari Hospital Clínic de Barcelona, dokter yang memeriksa Marc mengatakan hal itu terjadi karena ada kelumpuhan syaraf di bagian mata.

"Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah salah satu yang sudah terluka pada tahun 2011," katanya.

Untuk diketahui, selain kecelakaan Jerez 2020, sebelumnya pada 2011 Marc pernah mengalami masalah mata sama yang hampir memutus karirnya sebagai pebalap.

Saat itu Marc masih membalap di kelas Moto2. Dia sedang berjuang untuk meraih gelar juara dunia. Tapi waktu latihan bebas pertama di GP Malaysia dia mengalami kecelakaan.

Kecelakaan itu membuatnya cedera di mata. Akhirnya Marc tidak bisa menyelesaikan musim dan harus merelakan gelar juara dunia Moto2 jatuh kepada Stefan Bradl.

Marc bahkan ditolak saat ingin ikut tes pramusim di Sirkuit Jerez, Spanyol, 2012 karena dianggap belum sembuh total.

Seolah masalah datang bertubi-tubi, Marc mengatakan tetap berpikir positif dan yakin mampu melaluinya dengan baik.

"Ini adalah masa-masa sulit, sepertinya hujan turun. Setelah mengunjungi Dr. Sánchez Dalmau, episode baru diplopia (penglihatan ganda) telah dikonfirmasi seperti pada tahun 2011," katanya dalam unggahan di Twitter.

"Ini adalah kesabaran, tetapi saya telah belajar satu hal dan itu adalah menghadapi kesulitan dengan positif. Terima kasih atas dukungannya????," tulis Marc.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/10/114200715/marc-kembali-alami-diplopia-penyakit-penglihatan-ganda

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.