Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Royal Enfield Classic 500 Bobber, Dijejali Air Suspension

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield sering kali dijadikan basis untuk motor custom. Salah satunya adalah Classic 500, seperti yang dibuat oleh Smoked Garage.

Bengkel motor custom ini membuat Classic 500 menjadi bergaya bobber. Cukup banyak ubahan yang dilakukan oleh Nicko Eigert, builder Smoked Garage.

Lampu depan sudah diganti jadi model LED pakai keluaran aftermarket. Begitu pula dengan setang, diganti untuk menyesuaikan posisi berkendara dari bobber.

Panel instrumen bawaan pabrik pun diganti jadi lebih sederhana. Nicko mengandalkan layar LCD agar terlihat lebih modern dan ringkas.

Di bagian bodi, tidak banyak yang berubah. Nicko hanya mengecat ulang Classic 500 ini dengan kombinasi warna hitam dof dan bau-abu, serta dihiasi dengan garis merah.

Sepatbor depan dan belakang dipangkas agar ban tipe balloon yang klasik ini bisa lebih terekspos. Suspensi depan dipertahankan tetap standar.

Keunikannya ada pada suspensi belakangnya. Sebab, Nicko sudah menggantinya dengan air suspension. Suspensinya bisa diatur ketinggiannya sesuai dengan selera pengendaranya, sehingga lebih praktis saat digunakan berkendara.

Suspensi belakang bisa diatur sangat rendah agar tampilannya terlihat sangar. Ketika harus melewati jalanan yang tidak rata dan butuh suspensi dengan jarak main yang lebih baik, suspensinya tinggal dibuat lebih tinggi.

Terakhir, agar suara yang dihasilkan lebih sangar, Nicko pun mengganti knalpot dengan buatannya. Sedangkan untuk sektor mesin, tetap dibiarkan standar.

Layaknya motor custom pada umumnya, Nicko juga memberi nama motor ini dengan julukan "SG Royal Black".

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/09/150100415/royal-enfield-classic-500-bobber-dijejali-air-suspension

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke