Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Kecelakaan Truk, Kompetensi Sopir Dipertanyakan

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir-akhir ini, kecelakaan yang melibatkan truk memang kerap terjadi, mulai dari truk trailer bahkan tronton. Tentu saja kecelakaan ini merugikan banyak pihak, apalagi kalau sampai ada korban jiwa.

Melihat kecelakaan truk yang marak terjadi, salah satu yang perlu dipertanyakan adalah bagaimana kompetensi pengemudinya. Mengingat salah satu faktor terjadinya kecelakaan adalah kesalahan dari pengemudi atau human error.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre mengatakan, salah satu cara yang bisa meningkatkan kompetensi pengemudi truk adalah dengan pelatihan serta adanya sertifikasi.

Pemerintah sebenarnya sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 171 Tahun 2019. Pada keputusan tersebut tertulis pengemudi angkutan darat wajib kompeten sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI) Nomor 269 Tahun 2014.

“Namun banyak pengemudi yang uneducated yang hanya bisa mengoperasikan mobil, yang tidak melalui proper training dan asesmen. Sehingga sikap dan pengetahuannya kurang,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Namun sayangnya, kenyataan di lapangan masih sedikit pengemudi truk yang kompeten. Marcell cuma bisa berharap kalau revisi UU Nomor 22 Tahun 2009 bis terwujud. Sehingga orang yang berprofesi pengemudi harus punya sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Sertifikat kompetensi dari BNSP sulit untuk nembak. Karena kalau ada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sudah dilisensi BNSP melakukan jual beli sertifikat, bisa dipidanakan,” ucap Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/11/04/142100215/banyak-kecelakaan-truk-kompetensi-sopir-dipertanyakan

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.