Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Estimasi Konsumsi BBM Raize GR Sport TSS di Dalam Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai membahas soal desain dan performa, kini giliran melirik konsumsi atas bahan bakar dari Toyota Raize GR Sport TSS ketika redaksi sedikit mengajak mobil berjalan-jalan di dalam kota.

Kendati hadir sebagai SUV kompak dengan kapasitas mesin 1.000 cc, tetapi olahan tenaga dari mesin turbo mobil tersebut sangat responsif dan agresif. Cukup memuaskan untuk penggunaan harian di kawasan padat kendaraan.

Karakteristik respon cepat dari putaran bawah, membuat Raize tak lemah dalam berakselerasi dan cocok menghadapi kondisi stop and go. Apalagi dari sisi handling juga tergolong nyaman.

Klaim Toyota, tenaga puncaknya mencapai 98 dk pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimal di 140 Nm pada 4.200 rpm.

Saat kami lakukan pengetesan akselerasi, terbukti peranti rumah keong alias turbonya efektif membantu berakselerasi. Pedal gas dibejek dalam, raungan tiga silindernya begitu terasa.

Memang ada sedikit turbolag namun masih normal, terutama saat akselerasi awal. Dari pengetesan tim redaksi, akselerasi 0-100 kpj tuntas dalam waktu 11 detik.

Dari hasil pengujian singkat redaksi di dalam kota dengan kondisi jalan yang bervariasi sampai melintas ruas tol, konsumsi BBM rata-rata Raize GR Sport TSS mencapai 11,7 km per liter.

Catatan tersebut berdasarkan MID dengan total jarak mencapai 111 kilometer. Adapun kecepatan rata-rata yang dilakoni ialah 30 kpj sampai 120 kpj.

Banyak faktor yang mempengaruhi masalah konsumsi bahan bakar, mulai dari gaya berkendara, kondisi jalan, bahan bakar yang digunakan, kondisi kendaraan, bobot, dan lainnya.

Kebetulan saat redaksi menjajal Raize varian teratas tersebut, berbagai cara dilakukan untuk mendapat respons positif atas fitur keselamatan yang ada. Sehigga, tak jarang kami melakukan kickdown sampai mobil mengeluarkan tenaga penuhnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/30/182200415/estimasi-konsumsi-bbm-raize-gr-sport-tss-di-dalam-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke