Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemkot Solo Siap Kembangkan Wisata dengan Mobil Listrik

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Solo siap menyemarakan elektrifikasi usai mendapat delapan unit mobil listrik dari Tahir Foundation dengan nominal Rp 1,4 miliar, Jumat (15/10/2021).

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, mobil listrik wisata buatan China yang memiliki panjang 5,1 meter, lebar 1,5 meter dan tinggi 1.920 meter tersebut, bakal dimanfaatkan untuk tujuan wisata.

Gibran berharap, masyarakat maupun wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri, bisa menggunakan mobil listrik tersebut ke tempat-tempat wisata di Solo.

"Nanti harapannya warga Solo, turis-turis mengunjungi tempat-tempat wisata dengan menggunakan mobil listrik dari Tahir Foundation," kata Gibran dilansir Kompas.com Sabtu (16/10/2021).

Menurut Gibran, pengoperasian mobil listrik wisata tersebut akan dilakukan sesegera mungkin. Namun pihaknya masih menunggu penerbitan pelat nomornya.

"Iya segera mungkin kita operasionalkan. Ini menunggu pelat nomor dulu," kata dia.

Sedangkan untuk rute wisata yang akan digunakan, Kepala Dinas Perhubungan Solo Hari Prihatno mengatakan, sudah menyipkana beberapa rute wisata yang dapat dimanfaatkan wisatawan.

"Rencana ada tujuh rute perjalanan wisata menggunakan mobil listrik di Solo," kata Hari.

Adapun tujuh rute wisata yang telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) kota Solo yakni sebagai berikut;

Hari menjelaskan, sementara ini, tiket untuk naik kereta wisata tersebut gratis. Namun khusus Sabtu dan Minggu, rencananya ada biaya Rp 20.000 per orang. Untuk pemesanan tiket bisa langsung ke kantor Dishub Kota Solo.

Mobil listrik wisata hasil hibah itu memiliki kapasitas penumpang 8-11 orang. Dengan penggerak motor 72V 7.5KW dan nomor model KRD-R8, mobil tersebut dilengkapai baterai 6V 12PCS.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/16/150200215/pemkot-solo-siap-kembangkan-wisata-dengan-mobil-listrik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke